Tipe-tipe konflik

Tipe-tipe konflik

Tipe-tipe konflik

Tipe-tipe konflik
Konflik dikelompokkan menjadi dua tipe, kedua tipe ini meliputi konflik positif dan konflik negative. yang dimaksud dengan konflik positif adalah konflik yang tak mengancam eksistensi system politik, yang biasanya disalurkan lewat mekanisme penyelesaian konflik yang disepakati bersama dalam konstitusi. Mekanisme yang dimaksud adalah lembaga-lembaga demokrasi, seperti partai politik, badan-badan pewakilan rakyat, pengadilan, pemerintah, pers, dan foru-forum terbuka lainnya. Tuntutan seperti inilah yang dimaksud dengan konflik yang positif. Sedangkan konflik yang negative adalah penyaluran melalui tindak anarki, kudeta, saparatisme, dan revolusi.[4][4]

 

c. Struktur konflik

Menurut paul conn,[5][5]situasi konflik ada dua jenis, pertama Konflik menang-kalah (zero-sum-confict) dan konflik menang-menang(non- zero-sum-confict). Konflik menang kalah adalah konflik yang bersifat antagonistic sehingga tidak tidak mungkn tercapainya suatu kompromi antara masing-masing pihak yang bersangkutan. Ciri dari konflik ini adalah tidak mengadakan kerjasama, dan hasil kompetensi akan dinikmati oleh pemenang saja.
Konflik menang-menang adlah suatu konflik dalam mana pihak-pihak yang terlibat masih mungkin mengadakan kompromi dan kerjasama sehingga semua pihak akan mendapatkan konflik tersebut.

sumber :

Collect or Die 1.0.7 Apk + Mod for android