Teori komunikasi

Teori komunikasi


  1. Pengertian komunikasi

       Kata komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu communicare yang berarti sama, maksudnya ialah sama dalam hal pengertian dan pendapat antara komunitator &  komunikan. Kalau kesamaan pengertian dan pendapat telah dicapai maka komunikasi akan berlangsung dengan lancar dan baik. Secara etimologis komunikasi berasal dari kata to communicate. Menurut longman dictionary of contemporary english  kata communicate adalah upaya untuk membuat pendapat, menyatakan perasaan, menyampaikan informasi dan sebagainya agar diketahui dan dipahami orang lain. Arti lain komunikasi ialah berbagi, atau bertukar pendapat, perasaan informasi dan sebagainya.

       Menurut Gurnito wati dan maliki (2003) seseorang yang berkomunikasi dengan mengunakan kata-kata, dengan kualitas suaranya, badannya, isyarat, dan raut muka. Dengan demikian komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain sehingga di peroleh pengertian yang sama.

Komunikasi merupakan peristiwa sosial dan terjadi ketika manusia berinteraksi dengan manusia lainnya. Komunikasi dapat terjadi dimana-mana tanpa mengenal tempat dan waktu. Jadi komunikasi adalah persyaratan kehidupan manusia. Komunikasi mempunyai banyak kegunaan dan manfaat dalam kehidupan manusia dan tentu komunikasi menjadi sangat penting bagi kehidupan manusia.[2]

Menurut Webster’s New Collegiate Dictionary edisi tahun 1977, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara individu-individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku. Sedangkan The International Commision For The Study of Communication Problem (1980), memberikan pengertian komunikasi sebagai proses dalam mempertukarkan berita, data, pendapat, dan pesan antara perseorangan dan masyarakat (Miarso, 2005: 491).

Faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran berkomunikasi antara lain:[3]

  1. Faktor pengetahuan
  2. Faktor pengalaman
  3. Faktor intelegensi
  4. Faktor kepribadian
  5. Faktor biologis

 

Sumber :

https://callcenters.id/