Teknologi Komunikasi  

 Teknologi Komunikasi  

[5]Pengertian Teknologi – Pengertian Teknologi sebenarnya berasal dari kata Bahasa Perancis yaitu “La Teknique“ yang dapat diartikan dengan ”Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan cara yaitu secara rasional adalah penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang (repetisi).

Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia. Hal mana juga memperlihatkan tentang wujud dari karya cipta dan karya seni (Yunani techne) manusia selaku homo technicus. Dari sini muncullah istilah “teknologi”, yang berarti ilmu yang mempelajari tentang “techne” manusia. Tetapi pemahaman seperti itu baru memperlihatkan satu segi saja dari kandungan kata “teknologi”. Teknologi sebenarnya lebih dari sekedar penciptaan barang, benda atau alat dari manusia selaku homo technicus atau homo faber. Teknologi bahkan telah menjadi suatu sistem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia. Teknologi bukan lagi sekedar sebagai suatu hasil dari daya cipta yang ada dalam kemampuan dan keunggulan manusia, tetapi ia bahkan telah menjadi suatu “dayapencipta” yang berdiri di luar kemampuan manusia, yang pada gilirannya kemudian membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain.

[6]Seorang ahli sosiologi perancis mengartikan teknologi sebgai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Gary J. Anglin (1991, 7) mendeviniskan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistim untuk memecahkan masalah.

Harry Oshima (1976) seorang pakar ekonomi berpendapat bahwa teknologi komunikasi, dalam masyarakat yang menganut strategi pembangunan mempunyai peranan :

  1. Menimbulkan revolusi pertanian.
  2. Mempromosikan industri kecil.
  3. Pengembangan sosial politik.
  4. Mengatasi oposisi[7].

Perkembangan teori komunikasi telah mengalami 4 revolusi dalam bidang komunikasi:

  1. Dalam hal berbicara, kemampuan manusia berbicara dalam berkomunikasi antara seseorang dengan yang lain merupakan komponen yang harus ada dalam kelengkapan atribut-atribut yang memungkinkan kelompok-kelompok manusia bisa bekerja sama dan survive, serta berkembang.
  2. Ditemukannya tulisan, tulisan tidak hanya berfungsi suatu pembantu ingatan.
  3. Penemuan percetakan, berfungsi sebagai basis bagi memyebarnya kemampuan huruf.
  4. Dalam hal hubungan jarak jauh atau telekomunikasi dengan ditemukannya berbagai sarana yang memungkinkan manusia berhubungan satu sama lain tanpa harus terhalang oleh jarak, kecepatan, dan waktu.

Jenis dan bentuk teknologi komunikasi dapat digunakan dalam pendidikan antara lain:

POS-POS TERBARU