Tantangan Kepemimpinan Kepala Sekolah

Tantangan Kepemimpinan Kepala Sekolah

Beberapa tantangan yang dihadapi  oleh kepala sekolah dalam kepemimipiannya, yaitu bebrbagai factor yang datang dari luar maupun dari dalam. Oleh karena itu factor-faktor tersebut juga merupakan tantangan bagi sekolah yang dipimpinnya.

Kepala sekolah yang profesional dalam meningkatkan kualitas pendidikan mencakup Mekanisne politik yang kurang terarah, rendahnya tanggung jawab, terbatasnya wawasan kepala sekolah yang, pengangkatan kepala sekolah yang belum transparan, kurangnya sarana dan prasarana, lulusan yang kurang mampu berkompetisi, rendahnya kepercayaan masyarakat, birokrasi serta rendahnya produktivitas kerja.

  1. Mekanisme politik yang kurang terarah

Mekanisme sistem politik yang kurang stabil dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara selain menimbulkan berbagai masalah dalam hidup dan kehidupan di masyarakat juga merupakan faktor penghambat lahirnya kepala sekolah profesional. Wakil-wakil rakyat di dewan yang lamban  dan tidak tepat dalam mengambil suatu keputusan melahirkan sistem politik yang kurang stabil dan kurang menguntungkan. Kondisi semacam ini sangat mempengaruhi berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan, beserta komponen yang tercakup di dalamnya.Pengembangan sumber daya pembangunan melalui sistem pendidikan yang memadai perlu ditunjang oleh sistem politik yang stabil dan kemauan politik yang positif dari pemerintah.Termasuk perencanaan anggaran belanja yang dialokasikan untuk pendidikan harus sesuai kebutuhan pencapaian program pendidikan.

  1. Rendahnya Tanggung Jawab

Rendahnya Tanggung Jawab sebagian kepala sekolah merupakan faktor penghambat tumbuhnya kepala sekolah profesional. Rendahnya tanggug jawab  tersebut antara lain terlihat dalam bentuk kurang disiplin dalam melaksanakan tugas, kurang motivasi dan semangat kerja, serta sering datang terlambat ke sekolah dan pulang lebih cepat dari guru dan tata usaha sekolah. Kondisi-kondisi tersebut sangat menghambat dan merupakan tantangan bagi tumbuh kembangnya kepala sekolah profesional yang harus dicarikan jalan pemecahannya secara tepat dan tepat.

SUMBER :

https://www.dosenmatematika.co.id/seva-mobil-bekas/