Tahap Perkembangan Mersitem Primer

Tahap Perkembangan Mersitem Primer

Masing-masing daerah tahap diferensiasi pada meristem primer dapat terlihat perbedaannya. Meristem pucuk dapat dibedakan menjadi promeristem dan daerah meristematis dibawahnya, yang selnya mengalami tahap diferensiasi tertentu. Promeristem berisi sel inisial pucuk bersama dengan sel turunannya dan masih dekat sel inisial. Bagian yang berdiferensiasi pada wilayah meristematis adalah protederm. Dari sinilah berkembang system epidermis tumbuhan, prokambium yang membentuk jaringan pembuluh prime dan meristem dasar yang akan membentuk jaringan dasar tumbuhan misalnya parenkim dan sklerenkim korteks dan empulur, maupun kolerkim korteks. Istilah inisial pada meristem berhubungan dengan sel yang selalu dalam keadaan meristematis. Satu sel inisial membelah, maka salah satu sel anaknya tetap berfungsi sebagai sel inisial, sedangkan yang lainnya mengalami diferensiasi dan pemasakan. .

  1. b)Meristem sekunder yaitu jaringan yang berkembang dari jaringan dewasa yang masih tetap dapat berdiferensiasi. Pertumbuhan jaringan meristem sekunder disebut pertumbuhan sekunder. Kegiatan jaringan meristem menimbulkan pertambahan besar tubuh tumbuhan. Contoh jaringan meristem skunder yaitu kambium. Kambium adalah lapisan sel-sel tumbuhan yang aktif membelah dan terdapat diantara xylem dan floem. Aktivitas cambium menyebabkan pertumbuhan skunder, sehingga batang tumbuhan menjadi besar . Ini terjadi pada tumbuhan dikotil dan Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka). Pertumbuhan kambium kearah luar akan membentuk kulit batang, sedangkan kearah dalam akan membentuk kayu. Pada masa pertumbuhan, pertumbuhan kambium kearah dalam lebih aktif dibandingkan pertumbuhan kambium kearah luar, sehingga menyebabkan pertumbuhan kulit lebih tipis dibandingkan pertumbuhan kayu. Kambium dan cambium gabus termasuk meristem sekunder. Berdasarkan tempatnya, cambium termasuk meristem lateral. Kalium berkembang sebagai untaian panjang yang melingkar membentuk cambium pembuluh. Kambium yang terdapat pada jaringan pembuluh primer disebut cambium vasikuler. Sementara cambium yang terdapat di antara berkas pengangkut di sebut cambium intervasikuler yang berkembang dari parenkim intervasikuler. Sel-sel cambium terdiri atas dua tipe sebagai berikut:

1)      Sel fusiform yaitu panjang dan berujung runcing. Pada batang yang tua, sel biasanya sangat panjang. Pada batang sequoia sempervirens panjang sel bisa mencapai 8,7 mm.

2)      Sel jari-jari yaitu lebih kecil dari pada sel fusiform dan membentuk membulat.

Kedua tipe sel cambium tersebut pada batang yang tua lebih besar dari pada batang yang muda. Elemen-elemen yang berorientasi memanjang sejajar sumbu batang, misalnya berkas xylem, floem, dan serabut berkembang dari sel fusiform. Sementara, sel jari-jari akan membentuk sel-sel yang letaknya mendatar, misalnya sel-sel jari empulur. Sel-sel cambium mempunyai banyak vakuola. Dinding sel kambium mempunyai noktah primer dengan plasmodesmata. Dinding radialnya biasanya lebih tebal dari pada dinding tangensialnya. Selama periode pertumbuhan cambium, sel-sel inisial dan sel-sel hasil pembelahannya membentuk zona cambium. Pada penampang melintang sel-selnya tampak berderet radial.

sumber :

POS-POS TERBARU