Syarat tumbuh tanaman hias

 Syarat tumbuh tanaman hias

  1. Ketinggan tempat tumbuh(500-700 dpl)

      Pada daerah tropis ketinggian tempat tumbuh sangat berkaitan dengan suhu. Semakin tinggi tempat tumbuhnya, semkin rendah suhunya. Tempat tumbuh berdasarkan ketinggian terbagi atas dataran tinggi dan dataran rendah. Dataran tinggi adalah tempat tumbuh tanaman yang melebihi 700 m dpl; sedangkan dataran rendah adalah tempat tumbuh tanaman di bawah 700 m dpl. Pada umumnya tanaman yang bisa tumbuh di dataran tinggi dapat juga tumbuh di datara rendah namun tidak sebaliknya.

  1. Suhu

      Toleransi suhu setiap jenis tanaman berbeda-beda, bisa dikategorikan suhu minimum, optimum, dan maksimum. Pada suhu minimum dan maksimum bisa dikatakan tumbuhan bisa hidup pada suhu tersebut, walaupun pada fisiologinya telah menurun, sedangkan suhu optimum adalah suhu yang baik untuk tanaman untuk tumbuh secara optimal. Tanaman biasa hidup di suhu optimum jika di pindah di suhu minimum atau maksimum namun akan mengalami stress terlebih dahulu walaupun selanjutnya bisa hidup.

  1. Kelembaban

      Kebutuhan tanaman akan kelembaban berbeda dengan kebutuhan akan air. Kelembaban merupakan presentase kandungan air di udara, sementara itu, pasokan air merupakan kebutuhan tanaman akan air yang terkandung di dalam tanah atau media tanam. Kelembaban dipengaruhi oleh faktor lingkungan iklim setempat. Seperti curah hujan dan iklim. Jarak tanaman, penempatan tanaman dapat mempengarui kelembaban, misalnya tanaman di pot tunggal berbeda dengan tanaman pot secara kelompok.

  1. Cahaya (10%-30%)

      Setiap tanaman membutuhkan cahaya matahari untuk berfotosintetis, durasi dan intensitas pencahayaan merupakan faktor yang harus di perhatikan untuk pertumbuhan tanaman. Tanaman di daerah tropis membutuhkan cahaya Jam/hari. Sedangkan untuk tanaman hias bisa menggunakan cahaya buatan seperti lampu tabung TL
(tube luminescence) lampu TL(day light).

  1. Air

      Tanaman tanpa air pasti akan mati,kebanyakan air pun juga akan mati,kecuali tanaman memang hidu dihabitatnya .Air berfungsi sebagai media transportasi dan menjaga kelembapan udara tanaman dan media tanam. Secara alami tanaman dapat memperoleh air dari pengembunan maupun hujan.Setiap tanaman membutuhkan kadar air yang berbeda beda tergantung pada ukuran tanaman,ukuran pot/media dan keadaan lingkungan .

  1. Pupuk

      Cahaya ,air,mineral, adalah tiga hal penting yang dibutuhkan tanaman untuk reproduksi makanannya sendiri .Tanah mampu memberikan mineral untuk  tumbuh tanaman ,namun penambahan mineral seperti pemupukan yang tepat juga menjadi alternatif agar menghasilkan tanaman yang sehat dan segar .Pupuk terdiri atas pupuk Anorganik (Kimia) dan organik (Kompos).Unsur makro yanng dibutuhkan tanaman diantaranya ,Nitrogen (n) , Posfor (p) ,dan kalium (k). Sedangkan unsur mikro diantaranya Magnesium (mg) ,mangan (Mn),Zeng (Zn) dan besi (Fe).

 

POS-POS TERBARU