Sosiologi dan Budaya

Budaya dan Teknologi

Budaya dan Teknologi

Budaya dan Teknologi
Budaya dan Teknologi

Kebudayaan yang diciptakan manusia dalam kelompok

Dan wilayah yang bebeda-beda menghasilkan keragaman budaya.  Tiap persekutuan hidup manusia (masyarakat, suku, atau bangsa) memiliki kebudayaan sendiri yang berbeda dengan kebudayaan kelompok lain.  Dalam rangka pemenuhan hidupnya manusia akan berinterkasi dengan manusia lain, masyarakat berhubungan dengan masyarakat lain, demikian pla terjadi hubunga antara persekutuan hidup dari waktu ke waktu dan terus berlangsug sepanjang kehidupan manusia.

Manusia adalah salah satu akhluk ciptaan Tuhan

Yang paling sempurna keadaannya.  Selain diberi bentuk atau rupa yang paling baik atau sempurna, ia masih juga dibekali dengan kemamuan akal.  Dengan diberi kemampuanakal inilah manusia mampu menciptakan berbagai pengetahuan, membentuk masyarakat, meyelengarakan pemerintahan, melakukan praktik jual beli dll.  singka kata manusia dibelakali akal budinya itu mereka mampu menciptakan berbagai macam kebudayaan atau peradaban.  Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni atau biasa disingkat IPTEK adalah salah satucontoh dari hasil oleh pikian atau akal atau budi manusia kemudian disebut dengan nama kebudayaan.  Selanjutnya, sejalan dengan perkembangan umat manusia ini terus bekembang hingga kini.

 

PERKEMBANGAN IPTEK

Perkembangan IPTEK bergerak sangat cepat, sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan dalam menghadapinya sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Dalam menghadapi IPTEK masyarakat Indonesia harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan memanfaatkanya.Dalam menghadapi era teknologi modern dan Industrialisasi, maka dituntut adanya keahlian untuk menggunakan, mengelola, dan senantiasa menyesuaikan dengan teknologi- teknologi dan ilmu pengetahuan yang baru. Selain itu sikap mental dan nilai hidup yang harus mengarah terhadap nilai tersebut.

 

Kesadaran yang timbul di negara Barat

Mengenai akibat- akibat yang ditimbulkan teknologi memang dapat dimengerti.  Mereka mulai mempersonalkan nilai- nilai yang dipakai oleh masyarakat yang di negara berkembang sebaiknya dapat dimanfaatkan. Oleh karena itu perlu sekali negara berkembang mempercepat proses pemindahan teknologi. Hal ini hanya dapat berjalan jika negara tersebut telah dapat memanfaatkan teknologi yang dikembangkan negara maju dan dipakai oleh negara yang sedang berkembang.

Namun di pihak lain, baikdi negara maju maupunnegara berkembang, akan merasa bahwa teknologi hanya menghabiskan sumber- sumber daya alam, pembawa polusi atau pencemaran dan mengakibatkan terjadinya pengangguran.

Teknologi dapat membawa becana, sebaiknya juga telah terbukti mereka yang dapat memanfaatkanya, teknologi tersebut dapat menolong mereka dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Teknologi mempunyai dua komponen utama, yaitu:

  1. Hardware aspect, meliputi peralatan yang memberikan bentuk pola teknologi sebagai objek fisikal atau material.
  2. Software aspect, meliputi sumber informasi yang memberikan penjelasan mengenai hal- hal peralatan fisik atau material tersebut( setiadi, elli, 2005, 168-169)

Sumber : https://blog.dcc.ac.id/bpupki-sejarah-anggota-tugas-dan-pembentukannya/