Sistem Informasi

Sistem Informasi

Sistem Informasi

Sistem Informasi
Sistem Informasi
Berikut dapat dilihat beberapa tipe sistem informasi yang memanfaatkan komputer:
1. Pemrosesan Data
Pemrosesan data elektronik (EDP) merupakan penggunaan teknologi komputer untuk menjalankan pemrosesan data transaksi suatu organisasi. Seiring perkembangan teknologi komputer, istilah pemrosesan data (DP) memiliki pengertian yang sama dengan EDP
2. Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi manajemen (SIM) menggambarkan penggunaan komputer untuk menyediakan informasi yang dapat mendukung pengambilan keputusan manajer.sistem informasi manajemen mengakui bahwa manajer dalam suatu organisasi menggunakan dan membutuhkan informasi untuk mengambil keputusan dan bahwa sistem informasi dapat membantu menyediakan informasi tersebut bagi manajer.
3. Sistem Pendukung Keputusan
Sistem pendukung keputusan (DSS) membutuhkan penggunaan model keputusan dan databaseyang sangat berbeda dengan model keputusan dan bentuk database dalam sistem DP. Contohnya adalah penggunaan perangkat lunak spreadsheet untuk menjalankan analisi bagaimana-jika terhadap data operasional atau data anggaran contohya, ramalan penjualan per personel pemasaran.
4. Sistem Pakar
Sistem pakar (ES) adalah sistem informasi yang berdasarkan pengetahuan mengenai area aplikasi tertentu sehingga sistem informasi tersebut dapat bertindak sebagai konsultan ahlibagi pengguna akhir.
5. Sistem Informasi Eksekutif
Sistem informasi eksekutif dikaitkan dengan kebutuhan informasi stratejik manajemn puncak.
6. Sistem Informasi Akuntansi
Adalah sistem berbasis komputer yang dirancang untuk mentranformasi data akuntansi menjadi informasi