Simulator SpaceX menunjukkan kepada Anda seperti apa sebenarnya dermaga Dok Naga dengan Stasiun Luar Angkasa

Simulator SpaceX menunjukkan kepada Anda seperti apa sebenarnya dermaga Dok Naga dengan Stasiun Luar Angkasa

Simulator SpaceX menunjukkan kepada Anda seperti apa sebenarnya dermaga Dok Naga dengan Stasiun Luar Angkasa

 

Simulator SpaceX menunjukkan kepada Anda seperti apa sebenarnya dermaga Dok Naga dengan Stasiun Luar Angkasa
Simulator SpaceX menunjukkan kepada Anda seperti apa sebenarnya dermaga Dok Naga dengan Stasiun Luar Angkasa]

 

SpaceX telah meluncurkan simulator berbasis browser baru yang memberikan gambaran

bagaimana rasanya mengontrol proses docking secara manual dari pesawat ruang angkasa Crew Dragon-nya, pesawat ruang angkasa pengangkut manusia pertama yang dibuat perusahaan. Crew Dragon benar-benar berlabuh dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sepenuhnya secara mandiri, tetapi para astronot dapat mengambil alih kontrol manual, jika itu terbukti perlu, dan simulator ini memberikan apa yang SpaceX katakan adalah “antarmuka aktual” yang akan digunakan para astronot dalam hal itu .

Antarmuka pengguna untuk proses docking sangat sederhana, mengingat bahwa itu mencerminkan UI aktual yang akan digunakan astronot pada papan Dragon Crew. Sepertinya apa yang Anda harapkan untuk ditemukan dalam kontrol kokpit virtual dalam ruang sim pada iPhone atau iPad, yang sebenarnya sangat masuk akal, karena sebagian besar kontrol dan tampilan pembacaan informasi di papan Crew Dragon sebenarnya adalah layar sentuh.

Ada panah arah di kedua sisi, dan Anda dapat mengontrol orientasi kapsul, serta posisi

vertikal dan horizontal, dan beralih antara membuat gerakan besar atau kecil di setiap kasing. Umpan balik visual sederhana dalam reticle penargetan pusat memberi Anda gambaran tentang apa yang dilakukan masing-masing kontrol, memberi Anda cara yang relatif mudah untuk mengetahui sistem kontrol Anda sendiri tanpa banyak cara. Fungsi bantuan sederhana memberi tahu Anda bahwa tujuan utama Anda adalah untuk mendapatkan semua angka di reticle penargetan hijau, tetapi sebaliknya hal utama yang Anda butuhkan untuk bisa merapat dengan sukses adalah kesabaran.

Meskipun sebagian besar cara yang menyenangkan untuk mengalihkan perhatian Anda, itu sebenarnya juga merupakan pandangan tangan pertama yang luar biasa pada pendekatan SpaceX untuk desain antarmuka yang berpusat pada manusia ketika datang ke kontrol pesawat ruang angkasa. Ini sangat berbeda dari antarmuka yang akan Anda lihat dari rekaman arsip yang diambil dari program NASA Apollo atau Space Shuttle, dan jelas telah dipengaruhi oleh era modern perangkat layar sentuh yang ada di mana-mana.

Akan tetapi, bukti kemanjurannya tergantung pada seberapa besar kemungkinannya

membuat pilot dapat berhasil dengan docking, jadi mengapa tidak mencobanya dan lihat apakah Anda dapat menghentikan kedatangan – Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan ia berhasil melakukannya pada percobaan pertamanya , tapi dia adalah mantan pilot Angkatan Udara, jadi dia tidak seperti memulai dari awal.

Sumber:

https://danu-aji-s-school.teachable.com/blog/209399/seva