Siaga Bencana Banjir Di Pantura Berlanjut

Siaga Bencana Banjir Di Pantura Berlanjut

Siaga Bencana Banjir Di Pantura Berlanjut

Siaga Bencana Banjir Di Pantura Berlanjut
Siaga Bencana Banjir Di Pantura Berlanjut

BANDUNG-Berkenaan dengan terjadinya bencana alam banjir beberapa waktu lalu. Di Panturan untuk tahapan tanggap darurat sudah selesai. Sekarang tahapan yang dilanjut adalah tahapan siaga, yang ditargetkan limit waktu pada Bulan Mei 2015, ungkap Kepala BPD Jabar, R. Haryadi dalam keterangannya kepada jabarprov.go.I’d, Jum’at (20/3).

Menurut Haryadi, dalam tahapan siaga kegiatan yang direalisasikan dalam tahapan siaga, untuk 20 Maret 2015, masih dilaksanakan kunjungan pejabat publik yaitu Mensos RI.

Pihak Pemerintah di daerah baik Pemkab setempat maupun Pemprov. Jabar, dalam kunjungan tersebut untuk meninjau penyelesaian dampak banjir turut mendampingi Mensos.

Hal yang sudah selesai dilaksanakan dalam tahapan siaga, sambung Haryadi, yaitu

koordinasi BPBD yang berada di wilayah Pantura yang meliputi : Indramayu, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan. Dengan koordinasi tersebut, jika di salah satu wilayah tersebut terjadi bencana, maka BPBD di wilayah tersebut turut

membantu daerah yang terkena bencana. Untuk fasilitasi yang diberikan BPBD

Prov.Jabar ke daerah, lebih didominasi dalam bentuk pembinaan, yang meliputi pembinaan pendirian lembaga BPBD bagi daerah yang belum mempunyai BPBD, pembinaan mempergunakan sarana yang dibutuhkan ketika ada bencana. Pembinaan terkini,

diantaranya sudah dilaksanakan di Pangandaran, di daerah tersebut kendati merupakan daerah otonom baru sudah mampu membentuk BPBD, jelas Haryadi.

Dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam, untuk daerah yang hingga

saat ini belum mempunyai BPBD diantaranya Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kota Bogor diminta segera membentuk lembaga tersebut, demikian pungkas Haryadi.(SN)

Sumber :

http://www.imfaceplate.com/susan95/reasons-for-studying-online