Shalat sunnah tahajud

Shalat sunnah tahajud

Shalat sunnah tahajud

 

Sholat Tahajud

adalah sunat yang dikerjakan pada waktu larut malam dan sesudah tidur meskipun sebentar, sehingga terbit fajar atau menjelang subuh. . bilangan rakaat ini tidak terbatas sedikitnya dua rakaat. Namun tahajud di kerjakan delapan hingga sepuluh rakaat. Bagi yang mengerjakab 5 rakaat dapat ditambah tiga rakaat witir, sedangkan bagi yang mengerjakan sepuluh rakaat dapat ditambah tiga rakaat shalat witir.

Doa yang dibaca setelah shalat tahajud sebaiknya tidak hanya diperuntukan untuk diri sendiri, tetapi juga untuk keluarga kita. Oleh karena itulah dalam doa dibawah ini digunakan kata jamak, yakni kami yang menunjukkan selain kita juga anggota keluarga.

Doanya

adalah sebagai berikut:

Allahuma Lakal hamdu antal qaimush samawati wal ardhi waman fihina wa lakal hamdu lakal mulkus samawati wal ardi wa man fihina wa lakal hamdu nurus samawati wal ardhi, wa lakal hamdu antal haqqun wawaduha haqqun wa liQa uka haqqun wa qawluka haqqun wal janatu haqqun wanaru haqqun, wanabiyunna haqqun, wamuhamaddun shalalahu alaihi wasalam haqqun wa saatu haqqun allahuma laka ashlamna wa bika amaana wa alaika tawakalna, wa ilaika anabna, wa bika hasana wa ilaika haqqamna fagfirlana maqodama, wa ma akhrarna wa ma ahsrarna wama alanna antal mu kodimo, wa antal muahriru, la ila ila antaau la illaha ghairuka wa la hawla wala kuata illa billah.

Ya Allah Ya tuhan Kami, bagimu segala puji, engkaulah penegak langit dan bumi, serta segala isinya, bagimu segala pujimu, wahai penguasa langit dan bumi dan segala isinya, bagimu segala puji, yang memancarkan chaya langit dan bumi. Bagimu segala puji engkaulah yang benar. Janjimu adalah benar, berjumpa padamu adalah benar, firmanmu adalah benar, firmanmu adalah benar, surga adalah benar. Neraka adalah benar, nabi-nabimu adalah benar Nabi Muhammad SAW adalah Benar, Hari qiyamat adalah benar. Ya Allah ya tuhan Kami kepada engkaulah kami berserah diri kepada engkaulah kami beriman, sepada engkaulah kami bertawakal, kepada engkaulah kami rindu, kepada engkaulah kami mengadu, kepada engkaulah kami mengambil hukum, maka ampunilah kami atas kesalahan yang kami lakukan maupun yang akan datang, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan, engkaulah tuhan yang terdahulu dan terakhir tiada tuhan melainkan engkau, tiada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan-mu ya Allah.

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/nama-bayi-perempuan-islami/

Dzikir Setelah Sholat

Setelah melaksanakan tahajud sebaiknya diikuti dengan memperbanyak istigfar seperti berikut:

Astagfirullah hal azhim wa atubu ilaihi 33x
Kami memohon ampunan kepada Allah yang maha agung.dan akupun bertobat kepadanya 33X atau lebih.

Allahuma anata rabbi la ilaha hila anta kholaktani wa ana abduka wa ana wala adika wawadika mashtathatu ajubika min shari wasanatu abu hulaka bini matika alaiyawa abuu bi zambi faghirli Fa inahu laya firu junuba ila anta.

Ya Allah,Engkaulah tuhanku, tiada Tuhan melainkan engkau. Engakaulah yang telah menciptakan aku. Aku adalah hamba-Mu dan n ke dalam ketentuanmu dan janjimu yang sedapat mungkin aku lakukan. Aku mohon perlindungan-mu dengan dari kejahatan yang aku telah aku lakukan, aku mengakui kenikmatan yang telah aku limpahkan kepadaku.Dan aku juga mengakui dosa-ku karena itu berilah ampunan kepadaku, sesungg cuali kau sendirikupun uhnya tidak ada yang memberi pengampunan kecuali kau sendiri.