Shalat Sunnah Rawatib & Macam Macam Sholat Sunnah

Shalat Sunnah Rawatib & Macam Macam Sholat Sunnah

Shalat Sunnah Rawatib & Macam Macam Sholat Sunnah

 

Shalat Rawatib

adalah Shalat sunah yang dikerjakan sebelum atau sesudah fadhu. Shalat yang dikerjakan sebelum shalat fardu adalah sunah Qobliyah, sedangkan yang dikerjakan sesudah sholat fardu adalah sunah Badiyah. Shalat Sunat rawatib sunah baidiyah maupun Sun ah Qobliah dibagi dalam dua kelompok yaitu, ada yang lebih dianjurkan oleh Rasullulah SAW yaitu Ghaira Muakad dan Muakad dianjurkan oleh Rasullulah SAW.

Penamaan sunah muakad disebabkan karena, shalat shalat yang bersangkutan itu tidak wajib, akan tetapi sunah dan Nabi Muhammad SAW tidak pernah meninggalkannya sehingga dikesankan shalat-shalat sunnat itu dangat dianjurkan oleh Rasullah SAW. Sedang kan shalat sunah Ghairu Muakkad merupakan shalat sunat yang tidak begitu wajib. Namun kemudian shalat Ghairo muakad ini sebaiknya tetap dilakukan.

Rawatib dilaksanakan sebagaimana shalat fardu.Hanya saja shalat ini tidak didahului oleh adzan dan iqomat, dilaksanakan secara sendirian tidak berjamaah dan bacaan nya tidak berjamaah.

Jumlah rakaat rawatib

Secara keselaruhan, Jumlah rakaat rawatib sebagai berikut:
2 rakaat sebelum subuh, memiliki hukum sunah muakad
2 rakat sebelum dzuhur, memiliki hukum sunah muakad
4 rakaat sebelum shalat dzuhur yang berhukum sunah ghaira muakad
2 rakaat setelah shalat ashar berhukum sunah ghaira muakad
2 rakaat sesudah magrib yang memiliki hukum sunah muakad.
2 rakaat sebelum isya memiliki hukum ghaira muakad
2 rakaat setelah isya memiliki hukum muakkad.

Sebagian ulama menyatakan bahwa shalat fajar adalah rawatib sebelum shalat subuh, Menurut Rasullah SAW, mengerjakan shalat sunah sebelum subuh itu lebih baik daripada kehidupan dunia dan sebgala isinya, Hal ini diterangkan dalam salah satu hadits Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:
Aisyah R.A Bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: dua rakaat shalat fajar itu lebih baik daripada seluruh dunia beserta isinya * (HR Muslim)

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/sholat-rawatib/

Macam-macam sholat sunnah

Shalat-shalat ini terdiri dari beberapa shalat sunah yang dilakukan secara kontinyu sehingga diharapkan akan semakin dekat dengan Allah SWT.
Pada waktu kita melakukan shalat, baik sunah ataupun wajib sebaiknya kita membaca ta’awudzain yakni dua surat terakhir dalam Al Quran yang mengawali ta’awudzain yakni surat Al-Anas (QS-144) dan surat Al-Falaq (QS-113) sesuai dengan maknanya surat-surat ini merupakan permohonan kepada Allah SWT agar terhindar dari segala macam godaan.

Macam-macam shalat sunah yang dibahas tulisan ini :

Shalat Rawatib
Shalat Dhuha
Shalat Tahajjud
Shalat Hajat
Shalat Isttikharah
Shalat Wudlu
Shalat Tarawih
Shalat Witir
Shalat tasbih
Shalat Taubat
Shalat Safar