Sejarah Awal Mula Turnamen Piala Dunia FIFA

Sejarah Awal Mula Turnamen Piala Dunia FIFA

Sejarah Awal Mula Turnamen Piala Dunia FIFA

Sejarah Awal Mula Turnamen Piala Dunia FIFA
Sejarah Awal Mula Turnamen Piala Dunia FIFA

Piala Dunia atau FIFA World Cup merupakan turmanen sepak bola ter-akbar yang diadakan oleh FIFA dalam 4 tahun sekali. Piala dunia mempertandingkan pertandingan sepak bola antar negara-negara terhebat dari setiap kawasan atau zona mereka.Tapi apakah ada yang tahu Sejarah Awal Mula Turnamen Piala Dunia FIFA ini ? Apa latar belakang dibuatnya turnamen piala dunia ? Mari simak informasi yang telah Kumpulan Sejarah rangkum dari beberapa sumber berikut ini.

Sebelum piala dunia dari FIFA ini diselenggarakan

Sebelum piala dunia dari FIFA ini diselenggarakan, sebenarnya lebih dulu sudah ada sebuah kompetisi atau lebih tepatnya turnamen yang bernama Piala Sir Thomas Lipton pada tahun 1909, turnamen tersebut diadakan di Torino, Italia. Dalam kompetisi tersebut ada 3 peserta yang turut berpartisipasi, mereka adalah Italia, Jerman, dan Swiss, ketiga negara tersebut mengirimkan tim terhebat mereka. Inggris sendiri yang tergabung dalam FA menolak untuk ikut dalam ajang tersebut.

FIFA sebagai Federasi Sepak Bola tertinggi

FIFA sebagai Federasi Sepak Bola tertinggi saat itu baru membicarakan rencana mengenai pengadaan kompetisi sepak bola dunia pada tahun 1904, di Paris pada saat itu FIFA baru saja terbentuk, dan pada tahun 1928 rencana tersebut baru dibicarakan dengan matang dan mendapat persetujuan dari Jules Rimet sebagai Presiden Persatuan sepak Bola Prancis atau FFFA, nama Jules Rimet sendiri kini diabadikan dalam bentuk sebuah Trophy Piala Dunia berlapiskan emas bernama Piala Jules Rimet yang diciptakan oleh seorang asal Prancis bernama Abel La Fleur, yang kemudian di revolusi oleh FIFA melalui seniman Silvio Gazzaniaga.

Akhirnya, pada tahun 1930 FIFA secara resmi menggelar FIFA World Cup

Akhirnya, pada tahun 1930 FIFA secara resmi menggelar FIFA World Cup  atau yang kita kenal dengan nama Piala Dunia, dimana sesuai dengan kesepakatan akan berlangsung dalam 4 tahun sekali. Piala dunia pertama saat itu berlangsung di Urguay, dimana pertandingan pertama dalam kompetisi pertama dalam sejarah itu adalah antara Amerika Serikat vs Belgia, dan Prancis vs Meksiko. Uruguay pun berhasil menjadi Juara Piala Dunia pertama saat itu, dan Guillermo Stábile adalah pemain legendaris yang meraih Sepatu Emas (top skorer) pertama dalam sejarah.

Nah, setelah itu piala dunia terus berlangsung sampai sekarang piala dunia 2014 di Brazil. Semoga informasi tadi dapat menambah wawasan Sobat semua ya.

Baca juga artikel: