SEJARAH ATLETIK LOMPAT JANGKIT

SEJARAH ATLETIK LOMPAT JANGKIT

SEJARAH ATLETIK LOMPAT JANGKIT

SEJARAH ATLETIK LOMPAT JANGKIT

Sejarah atletik untuk

cabang olahraga lompat jungkit ini berasal dari olimpiade Yunani kuno. Lompat jungkit merupakan lompatan dengan 3 variasi dengan catatan jarak lebih dari 50 kaki atau sekitar 15.5 meter.

Lompat jungkit termasuk dalam lomba lompatan dengan memberikan dasar lompatan ganda. Sejarawan olahraga menyatakan bahwa lompat jungkit merupakan serangkaian lompatan. Namun pada zaman Yunani kuno, tidak ada lompatan ganda dalam olahraga tersebut.

Jarak yang dapat dicatat karena lisendsi artistik dari lompatannya. Sehingga memperoleh kemenangan yang akurat. Lompatan ganda merupakan bagian dari perlombaan modern yang diadakan pertama di Athena. Pada saat itu terdiri dari dua hop kaki yang sama lalu melompat dengan jarak semaksimal mungkin.

Atlit yang pertama menjuarai lomba lompat jungkit ini adalah James Connolly pada olimpiade modern dengan triple jumper. Pada tahun 1996, lomba lompat jungkit dapat diikuti oleh wanita yang pada saat itu dilombakan pada kompetesi di olimpiade Atlanda. Triple jump merupakan acara yang memperebutkan hadiah di Irlandia kuno pada tahun 1829 sebelum Masehi.

Dari sejarah atletik tersebut, mulai masuk ke Indonesia sejak masa penjajahan. Dimana Belanda menjajah Indonesia dengan waktu yang lama dan mengenal berbagai olahraga di dunia atletik. Dari situ, pelajar Indonesia mulai mengenal berbagai cabang olahraga termasuk lompat jungkit, lari, lembar cakram, jalan cepat dan sebagainya.


Baca Juga :