SEJARAH ATLETIK LEMPAR CAKRAM

SEJARAH ATLETIK LEMPAR CAKRAM

SEJARAH ATLETIK LEMPAR CAKRAM

SEJARAH ATLETIK LEMPAR CAKRAM

Selain lari dan lompat jauh

salah satu cabang olahraga atletik adalah lempar cakram. Lempar cakram sudah ada sejak zaman dahulu, khususnya oleh Yunani kuno. Pada saat itu, manusia menyadari sesuatu untuk bertahan hidup yaitu melakukan segala sesuatu dengan tangguh. Salah satunya adalah melalui ketanggakasan dalam lompatan dan lemparan.

Pada buku yang sama dengan sejarah atletik, disebutkan bahwa gerakan dasar dari sebuah atletik adalah dengan jalan, lari dan melompat. Sehingga lompatan sudah dikenal di zaman prasejarah dan mulai berkembang hingga sekarang ini. Oleh karena itu, manusia sudah mengenal adanya lompatan dan dilakukan di berbagai ajang perlombaan.

Gerakan atletik merupakan sebuah gerakan dasar yang dilakukan oleh manusia. Semua gerakan atletik yang dilakukan oleh manusia pada zaman dahulu semata-mata untuk bertahan hidup bukan untuk sebuah berlombaan. Karena zaman dahulu belum banyak sumber makanan dan makanan hanya didapatkan dengan cara berburu. Sehingga manusia melakukan gerakan lari dan lompat.

Manusia zaman dahulu harus mempunyai kemampuan lari dan lompat. Karena jika mereka tidak bisa melakukan itu, tidak ada makanan yang bisa dikonsumsi sehingga membuat hidup mereka terancam. Oleh karena itu, dengan kemampuan melakukan gerakan tersebut, menjadi dasar adanya berbagai olimpiade dan perlombaan yang berkaitan dengan gerakan atletik.

Atletik menjadi pusat dari semua gerakan tubuh. Salah satunya dengan cabang olahraga lempar cakram yang sudah tercatat sebagai olahraga atletik yang dilakukan manusia sejak zaman dahulu. Sejarah lempar cakram juga bersamaan dengan sejarah atletik di Yunani. Dimana pada saat Odysus terdampar di pulau yang ada di Yunani, diadalah berbagai perlombaan salah satunya lempar cakram.

Begitu juga di Indonesia, lempar cakram dikenal sejak masa penjajahan. Pada masa Jepang, olahraga ini dikenal oleh para pelajar dan mulai mempelajari tekniknya. Pelajar Indonesia memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengasah kemampuan mereka dalam melempar, sehingga Indonesia dapat merdeka dan olahraga tersebut mulai berkembang di Indonesia.

Lempar cakram dilakukan dengan teknik khusus dalam melempar. Sebelum melempar perlu diperhatikan posisi tubuh termasuk lengan, dan postur tubuh. Karena panjang lengan dapat mempengaruhi lemparan yang diberikan.


Sumber: https://tiagorebelodeandrade.com/farmer-sim-apk/