SEJARAH ATLETIK JALAN CEPAT

SEJARAH ATLETIK JALAN CEPAT

SEJARAH ATLETIK JALAN CEPAT

SEJARAH ATLETIK JALAN CEPAT

Jalan cepat juga menjadi salah satu

cabang olahraga atletik. Jalan cepat merupakan salah satu olahraga yang bersal dari Inggris. Pada abad ke 19, jalan cepat dilaksanakan di Inggris dan menjadi olahraga yang populer di seluruh dunia.

Jalan cepat menjadi terkenal sama dengan pacuan kuda. Kedua olahraga tersebut mempunyai kesamaan. Jalan cepat menjadi olahraga yang menarik dan berlangsung selama beberapa hari. Perlombaan jalan cepat tersebut dilakukan sekitar 100 mil, dengan waktu kurang lebih selama 24 jam.

Pada tahun 1908, perlombaan tersebut akhirnya masuk dalam olimpiade atletik. Lomba jalan cepat menjadi salah satu olimpiade untuk laki-laki khususnya. Pada tahun 1960 jalan cepat dimenangkan oleh Ken Matthews sepanjang 20 km. Dan pada tahun 1964 dimenangkan oleh Don Thompson dengan jarak sejauh 50 km.

Pada tahun 2003, salah satu oraganisasi IAAF menyelenggarakan sebuah kompetisi di suluruh dunia. Dimana pada ajang tersebut diikuti oleh berbagai atlit di seluruh dunia dengan hadiah yang sangat fantastik yaitu 200.000 USD. Rangkaian acara tersebut diselenggarakan di Meksiko, Rusia, Spanyol, dan juga Cina.

Di Indonesia sendiri, jalan cepat menjadi salah satu cabang olahraga atletik. Perlombaan tersebut diadakan pada kejuaraan nasional atletik pada tahun 1978. Dengan jarak lomba yaitu 5 km sampai 10 km untuk wanita dan jarak 10 km hingga 20 km untuk pria.


Sumber: https://www.nub4life.net/flywings-apk/