REGULASI DAN PENEGAKAN ATURAN AKUNTANSI AS

REGULASI DAN PENEGAKAN ATURAN AKUNTANSI AS

REGULASI DAN PENEGAKAN ATURAN AKUNTANSI AS

REGULASI DAN PENEGAKAN ATURAN AKUNTANSI AS
REGULASI DAN PENEGAKAN ATURAN AKUNTANSI AS

 

AMERIKA SERIKAT

Akuntasi di Amerika serikat diatur oleh badan sector sawasta ( Badan Standar Akuntansi Keuangan, atau Financial Accounting Standards Board – FASB ). Hingga tahun 2000, Institut Amerika untuk Akuntan Publik ( American Institute of Certified Public Accountants – AICPA ).

REGULASI DAN PENEGAKAN ATURAN AKUNTANSI

            System AS tidak memiliki ketentuan hokum secara umum mengenai penerbitan laporan keuangan yang diaudit secara periodic. Perusahaan di AS diberntuk berdasarkan hokum Negara bagian, bukan hokum federal. Prinsip prinsip akuntansi yang diterima secara umum ( GAAP ) terdiri dari seluruh standar, aturan dan regulasi akuntansi keuangan yang harus diperhatikan ketika menyusun laporan keuangan. Karena, FASB dan SEC mempertimabangkan untuk mengubah GAAP AS dari standar berdasarkan aturan menuju standar berdasarkan prinsip.

PELAPORAN KEUANGAN

Laporan keuangan tahunan yang semestinya dibuat oleh sebuah perusahaan AS yang besar meliputi komponen berikut ini :

– Laporan manajemen

– Laporan auditor

– Laporan keugan utama ( laporan laba rugi, neraca, laporan arus kas, laporan laba komprehensif dan laporan ekuitas pemegang saham )

– Diskusi manajemen dan analisis atas hasil operasi dan kondisi keuangan

– Pengungkapan atas kebijakan akuntansi dengan pengaruh paling penting terhadap laporan keuangan

– Catatan atas laporan keuangan

– Perbandingan data keuangan tertentu selama lima atau sepuluh tahun

– Data kuartal terpilih

PENGUKURAN AKUNTANSI

            Aturan pengukuran akuntansi Amerika Serikat mengasumsikan bahwa suatu entitas usaha akan terus melangsungka usahanya. Menggunakan biaya historis untuk menilai aktiva berwujud dan tidak berwujud. Metode LIFO, FIFO dan rata diperbolehkan dan digunakan secara luas dalam penetuan harga persediaan. LIFO yang popular karena dapat digunakan untuk keperluan pajak penghasil federal. Pajak penghasilan dihitung dengan menggunakan metode kewajiban.

Baca Juga :