Perbedaan Antara Cache dan Data Aplikasi

Perbedaan Antara Cache dan Data Aplikasi

Perbedaan Antara Cache dan Data Aplikasi

 

Perbedaan Antara Cache dan Data Aplikasi
Perbedaan Antara Cache dan Data Aplikasi

Jika kamu pernah masuk ke pengaturan, dan memilih sebuah aplikasi, maka kamu akan melihat dua tombol “Clear Cache” dan “Clear Data”. Apa itu Cache dan Data? Sebenarnya, apa perbedaan antara dua tombol tersebut? Apa pengaruhnya terhadap aplikasi yang bersangkutan? Berikut ini jawabannya.

Membersihkan Cache

Cache adalah data sementara yang dihasilkan aplikasi seiring dengan pemakaian. Sebagai

contoh, sebuah aplikasi biasanya akan menyimpan Cache berupa gambar yang terdownload dari internet. Cache memori ini berguna untuk mempercepat proses loading aplikasi jika kamu menggunakannya lagi nanti.

Tapi terkadang Cache membuat data sinkronisasi menjadi tidak sesuai dengan semestinya. Dan seiring dengan berjalannya waktu serta pemakaian aplikasi, semakin banyak pula Cache yang tersimpan di perangkat. Salah satu cara untuk mengamankan ruang penyimpanan smartphone adalah dengan menghapus Cache aplikasi.

Untuk menghapus Cache, kamu bisa membuka pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > klik Clear Cache (Bersihkan Cache).

Membersihkan Cache aplikasi tidak memiliki pengaruh yang terlalu besar pada aplikasi. Kamu bisa menghapus Cache aplikasi tanpa menimbulkan efek buruk terhadap aplikasi ataupun data-data yang tersimpan di aplikasi tersebut. Efeknya hanya pada saat memuat gambar, aplikasi akan membutuhkan waktu beberapa saat sampai gambar telah terdownload kembali dari server.

Menghapus Data Aplikasi

Sedikit berbeda dengan Cache, Data aplikasi adalah data-data yang dihasilkan sebuah

aplikasi dan tersimpan dalam penyimpanan smartphone kamu. Sebagai contoh, ketika kamu menggunakan sebuah aplikasi, semua data-data akun kamu akan tersimpan sebagai “Data Aplikasi”.

Menghapus data aplikasi akan membuat aplikasi kamu terlihat seperti baru saja di install. Semua akun dan pengaturan di dalamnya akan hilang. Kecuali jika aplikasi tersebut punya fitur cloud backup, kamu bisa login kembali dan mengembalikan data-data kamu.

Untuk menghapus data aplikasi, kamu bisa masuk ke pengaturan > aplikasi > hapus data.

Menghapus data pada game sangat tidak dianjurkan. Terutama pada game-game offline yang

tidak memiliki fitur login dan backup data. Semua data-data dan pencapaian kamu di dalam game akan hilang. Kamu harus memainkan game tersebut dari awal.

Menghapus Cache dan Data aplikasi akan sangat berguna jika kamu ingin menjual smartphone lama kamu. Kamu tidak perlu menguninstall aplikasi-aplikasi yang kamu gunakan. Cukup bersihkan saja Data dan Cache-nya. Jadi, pemilik baru smartphone kamu tidak akan bisa mengakses data-data aplikasi tersebut.

Sumber:

https://furnituremebeljepara.co.id/bubble-coco-apk/