PERANAN HARGA

PERANAN HARGA

Ada dua Peranan Utama Dalam Proses Pengambilan

Keputusan Para Pembeli

  1. Peranan Alokasi Dari Harga :
  • Fungsi harga dalam membatu para pembeli untuk memutuskan cara memperoleh manfaat atau utilitas tertinggi yg diharapkan berdasarkan daya beli
  • Dapat membantu pembeli untuk memutuskan cara mengalokasikan daya belinya pada berbagai jenis barang dan jasa
  • Dapat membandingkan harga dari berbagai alternatif yang tersedia
  • Memutuskan alokasi dana yang dikehendaki
  1. Peranan Informasi dari Harga :

–        Fungsi harga dalam mendidik konsumen mengenai faktor-faktor produk, seperti kualitas

–        Membantu pembeli dalam situasi dimana pembeli mengalami kesulitan untuk menilai faktor Produk/ manfaat secara abjektif

Sasaran Penetapan Harga

  1. Berorientasi pada Laba

–          Untuk mencapai target laba investasi laba penjualan bersih

–          Untuk memaksimalkan laba

  1. Berorientasi Pada Penjualan;

–          Untuk meningkatkan Penjualan

–          Untuk mempertahankan atau meningkatkan bagian pasar dan  penjualan

  1. Berorientasi Pada Status Quo, yaitu ;

–          Untuk menstabilkan laba

–          Untuk menangkal Persaingan

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penetapan Harga :

  1. Permintaan Produk
  2. Reaksi Pesaing
  3. Bauran Pemasaran
  4. Target dan Bagian saham pasar

sumber :

https://sonymusic.co.id/seva-mobil-bekas/