PERAN MANAJER KEUANGAN

PERAN MANAJER KEUANGAN

PERAN MANAJER KEUANGAN

PERAN MANAJER KEUANGAN

Pelaksanaan manajemen keuangan dalam

sebuah bisnis sangat berdampak besar bagi kesuksesan perusahaan. Sementara itu dalam manajemen ini, keberadaan seorang manajer keuangan sangatlah berperan dalam keberhasilan pelaksanaannya.

Kesuksesan sebuah perusahaan sangat dipengaruhi oleh kemampuan manajer keuangan dalam beradaptasi terhadap perubahan. Manajer keuangan juga meningkatkan dana perusahaan sehingga kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi, meningkatkan investasi dalam aset-aset perusahaan dan kemampuan mengelolanya secara bijaksana.

Jika seorang manajer keuangan ini mampu mengelola manajemen keuangan sebuah perusahaan dengan baik, maka kondisi perekonomian secara keseluruan pada perusahaan juga akan menjadi lebih baik, begitu juga sebaliknya jika manajer keuangan tak mampu mengalokasikan dana perusahaan secara tepat, makan pertumbuhan ekonomi akan melambat.

Manajer keuangan ini memberikan sumbangan terhadap pertumbuhan kekayaan perusahaan melalui investasi, pembelanjaan dan pengelolaan aset-aset perusahaan secara efisien. Manajer keuangan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap apa yang telah dikerjakan.

Pengambilan keputusan keuangan yang menjadi tangung jawab oleh manajer keuangan dibagi menjadi tiga yaitu:

  1. Investmen decision yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah pemilihan investasi yang diinginkan dari suatu organisasi pada kesempatan yang tersedia dengan memilih satu atau lebih alternatif investasi yang dirasa memilki keuntungan paling tinggi.
  2. Financing decision berkaitan dengan permasalahan pemilihan berbagai bentuk sumber dana yang telah tersedia guna melakukan investasi dengan memilih satu atau lebih alterbatif pembelanjaan yang paling murah.
  3. Dividend decision, yaitu berkaitan dengan masalah penentuan besarnya persentasi dari laba yang akan dibayarkan sebagai dividen tunai kepada para pemegang saham.

Manajemen keuangan tak hanya berlaku pada perusahaan yang berskala besar, setiap jenis usahan yang berskala menengah maupun kecil juga harus dibarengi dengan pelaksanaan manajemen yang baik, bahkan dalam hal pengelolaan keuangan pribadi pun diperlukan adanya manajemen yang baik agar tak terjadi pemborosan dan kebutuhan hidup dapat terpenuhi dengan baik.


Sumber: https://klokkenluideronline.net/strikers-1945-apk/