Penyaluran Dana BOS SMA Tahun 2016 Berubah

Penyaluran Dana BOS SMA Tahun 2016 Berubah

Penyaluran Dana BOS SMA Tahun 2016 Berubah

Penyaluran Dana BOS SMA Tahun 2016 Berubah
Penyaluran Dana BOS SMA Tahun 2016 Berubah

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk SMA disalurkan oleh Pemerintah Pusat tahun 2016 ini melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik bagi 34 provinsi di Indonesia.

Mekanismenya adalah dana tersebut ditransfer langsung dari Kas Umum Negara (KUN) ke Kas Umum Daerah (KUD), selanjutnya ditransfer ke rekening sekolah masing-masing.

Demikian sambutan tertulis Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud)

Maluku yang dibacakan oleh Kabid Dikamen Drs. M. Lohy, MT ketika membuka dengan resmi kegiatan Bimbingan Teknis Penata Usahaan BOS SMA, tahun 2016 di Amans Hotel Senin (5/9/2016).

Dikemukakan, hal ini tentunya berdampak pada perubahan berbagai mekanisme pelaksanaan mulai dari penyaluran, hingga pelaksanaan BOS di masing-masing sekolah.

Terkait dengan itu pengelolaan BOS SMA di sekolah belum seluruhnya memiliki kesadaran dan kemampuan, untuk menyusun dokumen pertanggungjawaban serta pelaporan secara baik dan benar.

Dari hasil evaluasi terlihat masih ada sekolah yang menyusun laporan

pertanggungjawaban tidak sesuai dengan kaidah yang ditentukan. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mewujudkan akuntabilitas pelaksanaan BOS SMA, sehingga diharapkan terwujud kesamaan persepsi antara Direktorat SMA, Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Bendahara sekolah dalam pelaksanaan BOS SMA, serta dokumen pertanggungjawaban dan pelaporan.

Sementara itu Ketua Panitia pelaksana Saban, S.Pd melaporkan Bimtek tersebut juga menghimpun laporan BOS SMA triwulan I dan II tahun 2015 dan 2016 bagi sekolah-sekolah yang belum menyampaikan laporannya.

Kegiatan ini diikuti seluruh Bendahara SMA yang mengelola Dana BOS SMA tahun

2016 sebanyak 261 orang, berasal dari 11 Kabupaten/Kota se Maluku, dengan biaya dari Kuasa Pengguna Anggaran Dikbud Provinsi Maluku tahun 2016.(TM04)

 

Baca Juga :