PENUTUP

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Dari uraian pembahasan diatas dapat kami simpulkan beberapa kesimpulan sebagai berikut :

  1. Dalam ilmu-ilmu social dikenal dua pendekatan yang saling bertentangan untuk memandang massyarakat. Kedua pendekatan ini meliputi pendekatan struktural-fungsional (konsensus) dan pendekatan struktural konflik. Pendekatan konsensus berasumsi masyarakat mencangkup bagian-bagian yang berbeda fungsi ntapi berhubungan satu sama lain secara fungsional. Kecuali itu, masyarakat terintegrasi atas dasar suatu nialai yang  disepakati bersama  sehingga masyarakat selalu dalam keadaan keseimbangan dan harmonis. Lalu pendekatan konflik berasumsi masyarakat mencangkup berbagia bagian yang memiliki kepentingan yang saling bertentangan.
  2. Konflik dikelompokkan menjadi dua tipe, kedua tipe ini meliputi konflik positif dan konflik negative. yang dimaksud dengan konflik positif adalah konflik yang tak mengancam eksistensi system politik, yang biasanya disalurkan lewat  mekanisme penyelesaian konflik yang disepakati bersama dalam konstitusi. Mekanisme yang dimaksud adalah lembaga-lembaga demokrasi, seperti partai politik, badan-badan pewakilan rakyat, pengadilan, pemerintah, pers, dan foru-forum terbuka lainnya. Tuntutan seperti inilah yang dimaksud dengan konflik yang positif.
  1. Kritik dan Saran

Kami berharap semoga dengan adanya makalah ini akan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi semua pihak pembaca terutama kami sebagai penyusun, dan tidak lupa pula kami mengharapkan masukkan, kritik maupun saran yang sifatnya membangun guna penyempurnaan penyusunan makalah kami selanjutnya. Akhirnya kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua amin…… ya Rabbal alamiinnn….. a

DAFTAR PUSTAKA

Inu Kencana Syafe’I, Pengantar Ilmu Politik, Remaja Rosda Karya, bandung, 1998

Ramlan Surbakti, Memahami Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta, 1992

Huntington, Samuel P. 2003. Tertib Politik di Tengah Pergeseran Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Tholkhah, Imam. 2001. Anatomi Konflik Politik di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

http://nefi34na.blogspot.com/2012/08/sistem-pemilihan-umum.html

dibuka pada tanggal  26 september 2012

baca juga :

POS-POS TERBARU