RSInews – Blog atau web blog menjadi salah satu tempat untuk menuangkan opini yang cukup efektif saat ini. Selain itu, aktivitas ngeblog juga memiliki banyak sekali manfaat lainnya. Mulai dari menambah pengetahuan hingga menambah penghasilan.

Pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia semakin hari semakin tinggi, seperti dikutip dari laman kominfo.go.id dari 400 responden, ada sekitar 98% remaja dengan yang masih berada di jenjang sekolah menengah dan menengah atas sudah mengenal Internet, dan sebanyak 79,5% diantaranya adalah pengguna internet yang menjadikan media sosial sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan rekan ataupun keluarga, sosial media yang banyak digunakan di Indonesia tentu saja Facebook, Twitter, Path, Instagram hingga yang relatif baru ngetren seperti Snapchat.

Pengguna sosial media yang begitu banyak tentunya akan sangat baik jika mereka juga menggunakan blog untuk mengembangkan diri, karena blog memang banyak manfaat dibandingkan dengan sosial media yang biasanya hanya digunakan untuk nulis-nulis status, bermain game, chatting dan berbagi foto.

Pengertian Blog

Blog atau biasa disebut dengan web blog adalah situs yang terdiri dari kumpulan entri atau posting yang muncul dalam urutan tanggal dari yang terlama menuju terbaru, dengan kata lain konten terbaru selalu ada di urutan teratas, mirip dengan jurnal harian.

Blog biasanya memiliki fitur-fitur seperti komentar dan link untuk meningkatkan interaktivitas dengan pengguna. Blog dapat dibuat dengan perangkat lunak seperti WordPress, Tumblr, Blogspot, dan lain-lain.


Beberapa istilah dalam blog
:

  • Blogging: Kegiatan menulis postingan atau artikel untuk blog
  • Blogger: Orang yang menulis di blog atau pemilik suatu blog
  • Blogosphere: Komunitas blog online atau komunitas blogger

Sejarah Lahirnya Blog

Blog pertama kali mengemuka pada akhir 1990-an sebagai sebuah buku harian online. Seseorang memposting tulisan setiap hari tentang kehidupan sehari-hari maupun tentang pendapat mereka akan suatu hal. Postingan itu diurutkan berdasarkan yang paling baru berdasarkan urutan tanggal, sehingga pembaca akan selalu melihat postingan terbaru di halaman depan web dan mereka bisa menelusuri postingan atau tulisan yang lebih lama dengan menjelajahi nomor halaman.

Manfaat Blog

Untuk kamu yang baru ingin memulai blog, berikut ini beberapa manfaat blog yang perlu kamu ketahui.

1. Memudahkan dalam berbagi informasi

Sekarang ini pengguna internet bukan hanya mencari informasi, namun bisa juga berbagi informasi, dengan blog seseorang akan memiliki tempatnya sendiri untuk menuliskan informasi. Informasinya tentu beragam, mulai dari kronologi kejadian yang disaksikannya, hingga informasi menu masakan yang dibuatnya. Informasi seputar kesehatan, teknologi, dan gaya hidup juga bisa dituliskan di blog.

2. Menambah wawasan

Dengan ngeblog biasanya wawasan seseorang akan bertambah luas, keinginan untuk selalu mengupdate blog membuat para blogger berusaha untuk selalu mendapatkan informasi dan pengetahuan baru untuk dituliskan di blog miliknya. Selain itu, biasanya blogger akan berteman dengan blogger lain, walaupun hanya di dunia maya, namun aktivitas tersebut membuat para blogger saling membaca informasi yang ada di blog kawannya tersebut, hal ini tentu akan semakin menambah wawasan.

3. Melatih keterampilan dan kreativitas menulis

Orang yang hobi menulis kemungkinan besar akan senang ngeblog, untuk yang tidak suka menulis dan memutuskan untuk memiliki blog biasanya juga akan mulai menyukai menulis. Menulis tentu banyak manfaatnya, menulis juga sebuah keterampilan, dan keterampilan menulis itu bisa semakin diasah ketika seseorang menuliskannya di blog.

4. Menumbuhkan minat membaca

Membaca adalah jendela dunia, dengan ngeblog para blogger bukan hanya akan terlatih untuk menulis, namun juga akan terlatih untuk membaca. Biasanya mereka akan banyak membaca untuk mencari informasi baru, atau menyempatkan membaca postingan agar bisa memberikan komentar yang relevan dipostingan temannya sesama blogger.

5. Media aktualisasi diri

Dengan blog seseorang akan belajar dengan bebas untuk mengembangkan dan mengeksplor lebih jauh serta berbagi pengetahuan yang dimilikinya melalui sebuah tulisan. Dengan membagikan dan menuliskan di blog, maka bukan tidak mungkin seseorang akan termovitasi untuk  melakukan hal positif yang dibagikan tersebut. “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya”, begitu kata pepatah.


POS-POS TERBARU