Pengertian Mikrobiologi

Pengertian Mikrobiologi

Pengertian Mikrobiologi

Pengertian Mikrobiologi

Mikrobiologi adalah

salah satu cabang ilmu yang mendasari kegiatan mikrobiologi itu berjalan lancar, seperti alat-alat leboratiorium mikrobiologi yang harus mendukung. Makhluk hidup yang ada dibumi tidak hanya terdiri dari makhluk hidup yang ada dilhat oleh mata telanjang saja, tetapi juga ada mikroorganisme yang berukuran kecil dan hanya dapat dilihat menggunakan teknik dan peralatan khusus yaitu dengan alat laboratorium mikroskop atau dengan suatu medium untuk pertumbuhannya


Mikroorganisme berukuran kecil yang merupakan jasad hidup yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung, yang dapat berperan sebagai kawan maupun lawan. Mikroorganisme dapat berkembang biak secara alami atau dengan campuran tangan manusia. Mikroorganisme yang dikembangkan oleh manusia diantaranya melalui pertumbuhan menggunakan media.


Pertumbuhan sel dengan adanya suatu penambahan volume sel serta bagian-bagian lainnya, dapat juga diartikan sebagai penambahan kuantitas isi dan kandungan di dalam sel. Sedangkan pertumbuhan populasi merupakan akibat pertumbuhan individu. Misalnya, dari satu sel menjadi dua, dari dua sel menjadi empat, dari sempat sel menjadi delapan sel.. Media berperan sebagai wadah atau tempat zat hara yang digunakan oleh mikroorganisme untuk pertumbuhan, sintesis sel, keperluan energi dalam metabolisme dan pergerakan.


Hal inilah yang melatarbelakangi dibuatnya makalah untuk memenuhi tugas dan pembaca mampu dalam memahami dan mengerti apa saja konsep, prinsip dan permasalahan dalam pembelajaran mikrobiologi ini lebih lanjutnya lagi, baik dalam media pertumbuhan dan metode serta kultur pertumbuhan mikroba. Seyogianya menjadikan pengalaman dasar untuk pembelajaran selanjutnya. Jadi judul makalah ini “Pertumbuhan Mikroba”.

Mikrobiologi dimulai sejak ditemukannya mikroskop dan menjadi bidang yang sangat penting dalam biologi setelah Louis Pasteur dapat menjelaskan proses fermentasi anggur anggur dan membuat vaksin rabies biologi perkembangan pesat pada abad ke-19, khususnya berpengalaman dalam bidang ini dan memberikan landasan bagi pembukaan bidang penting lainnya: biokimia.


Penerapan mikrobiologi di bidang entri hadir dan tidak dapat dipisahkan dari cabang lain yang diperlukan juga dalam bidang farmasi, kedokteran, pertanian, gizi, teknik kimia, bahkan untuk astrobiologi dan arkeologi.


Baca Juga :