PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGI

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGI

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGI

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGI

Secara umum manajemen strategi adalah serangkaian aktivitas atau proses pengambilan keputusan yang memiliki sifat mendasar serta menyeluruh, disertai dengan penetapan cara pelaksanaannya yang dibuat oleh pimpinan organisasi dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran organisasi untuk mencapai sebuah tujuan.

Manajemen strategi ini berbicara mengenai gambaran yang besar, serta mengidentifikasi tujuan organisasi, sumber daya, dan bagaimana sumberdaya yang tersedia dapat digunakan seefektif mungkin untuk memenuhi tujuan strategi perusahaan. Manajemen strategi memberikan pedoman untuk pengambilan dalam sebuah organisasi.

Hal ini merupakan sebuah proses berkesinambungan yang bersifat secara terus menerus. Rencana strategis dalam organisasi merupakan sebuah dokumen hidup yang akan selalu dikulik dan selalu dikembangkan sesuai dengan tersedianya informasi terbaru. Dalam manajemen strategi, penentuan strategi harus dibuat untuk membuat revisi dan penyesuaian.

MANFAAT MANAJEMEN STRATEGI BAGI PERUSAHAAN

Keberadaan manajemen strategi sangat diperlukan bagi sebuah perusahaan maupun organisasi agar tujuan yang ditentukan bisa tercapai. Manajemen strategi memiliki beberapa manfaat bagi perusahaan, antara lain:

1. Dapat meningkatkan performa perusahaan melalui serangkaian perbaikan manajemen serta partisipasi dan komitmen dari seluruh anggota perusahaan ataupun organisasi.
2. Mampu menentukan arah dari perusahaan untuk mencapai tujuan utama yang telah ditentukan.
3. Dapat menghasilkan keputusan terbaik bagi perusahaan dan organisasi.
4. Memberikan antisipasi dan kepedulian terhadap masa depan dari perusahaan.
5. Memberikan arahan bagi jalannhya perusahaan dalam mencapaim tujuan yang diharapkan.
6. Menetapkan skala prioritas dalam pencapaian tujuan perusahaan.
7. Implementasi manajemen strategi membuat perusahaan menjadi lebih peka terhadap ancaman yang datang dari luar.
8. Penerapan manajemen strategi yang baik akan membantu mencegah timbulnya berbagai masalah baik dari dalam maupun dari luar.
9. Membuat proses operasional menjadi lebih efisien dan efektif.
10. Membantu perusahaan untuk bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan.
11. Mendorong peningkatan keuntungan bagi perusahaan.


Baca Juga :