PENGERTIAN GLOBALISASI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN GLOBALISASI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN GLOBALISASI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN GLOBALISASI MENURUT PARA AHLI

1. MENURUT FRIEDMAN

Pengertian dari globalisasi ini adalah adanya sebuah dimensi yang secara teknologi dapat menyatukan masyarakat, yang ada di seluruh penjuru dunia. Secara ideologi dimensi ini dapat memicu timbulnya istilah pasar bebas. Contoh dari globalisasi yaitu munculnya pasar bebas, misalnya dalam hal jual beli online pada masyarakat di seluruh dunia.

2. MENURUT L. NYEMAN

Pengertian globalisasi adalah sebuah proses pertumbuhan, yang berlangsung dengan sangat cepat. Proses ini terjadi karena adanya hubungan ketergantungan, dari negara-negara yang ada di dunia. Terutama yang ada di bidang perdagangan dan juga keuangan. Ia juga menambahkan bahwa selain ketergantungan, setiap negara juga akan saling mempertahankan identitasnya.

Jika dilihat dari beberapa pendapat para ahli tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian dari globalisasi ini adalah sebuah dimensi yang berlangsung dengan sangat cepat yang melibatkan seluruh negara yang ada di dunia. Dimensi tersebut memungkinkan munculnya interaksi yang tiada batasnya. Sehingga masing-masing negara akan mempertahankan identitasnya dalam mengikuti proses yang ada.

Yang dimaksud dengan dimensi tersebut yaitu, adanya beberapa pengaruh dari globalisasi yang berdampak pada setiap negara di dunia. Pengaruh tersebut akan terlihat di berbagai aspek misalnya, politik, ekonomi, budaya, sosial, dan juga aspek ekologi. Misalnya saja di dalam aspek ekonomi, pengaruh globalisasi ini telah memunculkan adanya pasar bebas.

Yang dimaksud dengan pasar bebas ini adalah sebuah keadaan di bidang perdagangan barang, yang terjadi dari satu negara ke negara lainnya yang dapat dilakukan secara bebas.


Sumber: https://mvagusta.co.id/badland-2-apk/