Pengenalan dan sejarah Tentang Linux

Pengenalan dan sejarah Tentang Linux

Pengenalan dan sejarah Tentang Linux

Pengenalan dan sejarah Tentang Linux
Pengenalan dan sejarah Tentang Linux

LATAR BELAKANG

Linux (diucapkan “Lineks / linuks”) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya. Pada umumnya kode sumber linux dapat dimodifikasi,digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

 

 

Nama Linux berasal dari nama pembuatnya yang diperkenalkan tahun 1991 oleh linus Torvalds. Sistemnya,peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU yang diumumkan pada tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU / Linux.
Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya diserver dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti intel,dell,hewlett,redhat dan sun microsystems.

 

Linux digunakan sebagai sistem operasi diberbagai macam jenis perangkat keras komputer termasuk komputer desktop,super komputer dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik sistem permainan video (play station 2, Play station 3, dan Xbox),telepon genggam dan router.

 

 

Kesuksesan linux karena linux tidak tergantung kepada vendor (vendor independence),biaya operasional yang rendah dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi unix tak bebas,serta faktor keamanan dan kestabilitasnya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft windows, Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).

 

 

Sistem operasi linux yang terkenal dengan istilah distribusi linux (linux distribution) atau distro linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web,bahasa pemprograman,basis data,tampilan desktop (desktop environment ) seperti GNOME,KDE, dan XfCe juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti open office.org, Koffice ,Abiword, Gnumeric, dan Libre Office.

 

 

SEJARAH

 

 

Sistem operasi unix dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960 an dan pertama kali dirilis pada tahun 1970 an.

 

Faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi menyebabkan dapat digunakan,disalin,dan dimodifikasi secara luar oleh institusi-institusi akademis dan pada pembisnis.

 

 

 

 

Logo Linux (TUX) dimulai saat linus Torvalds sedang jalan-jalan itulah linus Torvalds dipatok oleh seekor pinguin dan demam selama berhari-hari. Ia berfikir bahwa karakter pinguin cocok untuk menjadi logo dari sistem operasi barunya itu. Maka diadakan sebuah kompetisi untuk mendesain linux yang baru dan kompetisi itu dimenangkan oleh Larry Ewing yang berhasil menggambarkan seekor pinguin yang duduk.

 

 

PROYEK GNU

 

 

Proyek GNU yang mulai pada tahun 1984 memiliki tujuan untuk membuat sebuah sistem operasi yang kompatibel dengan unix dan lengkap dan secara total terdiri dari atas perangkat lunak bebas. Tahun 1985 Richard stallman mendirikan yayasan perangkat lunak bebas dan mengembangkan lisensi publik umum GNU (GNU General Public Licence atau GNU GPL).

 

 

MINIX

 

 

Minix sebuah sistem bertipe unix yang ditunjukan untuk penggunaan akademis dirilis oleh Andrews Tanenbaum pada tahun 1987. Kode sumber minix 1.0 tercantum dalam bukunya operating systems : design and implementation.

 

Hak cipta dari kode sumbernya termasuk kedalam hak cipta dari bukunya yang di publikasikan oleh prenticehall sebagai tambahan desain versi 16 bit dari minix kemudian tidak secara baik diadaptasikan kapada versi 32 bit dari arsitektur intel 386 yang murah dan populer yang digunakan secara luas di komputer pribadi.

 

Tahun 1991 Torvalds mulai bekerja untuk membuat versi non komensial pengganti minix sewaktu ia belajar di universitas helsinki hasil kerjanya itu yang kemudian akan menjadi kernel linux. Pada tahun 1992 Tanembaum menulis sebuah artikel di usenet,mengklaim bahwa linux sudah ketinggalan zaman dalam artikelnya ia mengkritik linux sebagai sebuah sistem operasi dengan rancangan monolitik dan terlalu terpaku dengan arsitektur x86 sehingga tidak bersifat potable dimana digambarkannya sebagai sebuah kesalahan mendasar. Tanenbaum menyarankan bahwa mereka ingin menginginkan sebuah sistem operasi modern harus melihat kepada sebuah rancangan yang berdasarkan kepada model mikro kernel.

 

 

PENGERTIAN LINUX

 

 

Linux adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebar luaskan dibawah lisensi GNU. Linux merupakan turunan dari Unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras komputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC. Dengan lisensi GNU (GNU Not unix ) anda dapat memperoleh program lengkap dengan kode sumbernya (source code) tidak hanya itu anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak halaman atau bahkan mengubah kode sumbernya dan itu semua legal dibawah lisensi,meskipun gratis lisensi GNU memperoleh pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.

 

 

KELEBIHAN LINUX

 

 

  1. Bersifat open source, bebas dan terbuka sehingga tidak perlu biaya untuk mendapatkannya lisensi free dan boleh diutak atik semaunya.
  2. Linux sekarang sudah mudah dioperasikan kalo dulu pengguna linux identik dengan para hecker tapi sekarang orang awam pun sudah banyak yang menggunakannya.
  3. Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows sudah ada aplikasi linuxnya bisa juga menggunakan software emulator.
  4. Memiliki pengaman yang lebih unggul karena didesain multiuser sehingga apabila virus menyerang user tertentu akan sangat sulit menyebar keuser lainnya.
  5. Cocok untuk PC yang memiliki spesifikasi minimum karena linux membutuhkan resource yang lebih kecil dibandingkan windows.
  6. Linux dapat berjalan didua mode.
  7. Jarang Crash atau ngehang yang mengharus kita merestart komputer karena linux lebih stabil.
  8. Memiliki komunitas diberbagai penjuru dunia.
  9. Terdapat beragam pilihan seperti ubuntu,fedora,debian,centos,Redhat,Open suse,Mandriva dan sebagainya.

 

 

KEKURANGAN LINUX

 

 

  1. Banyak user yang belum terbiasa menggunakan linux.
  2. Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik kepada linux.
  3. Proses instalasinya tidak semudah windows.
  4. Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.
  5. Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan unix like maka mau gak mau harus belajar dulu.
  6. Struktur direktori dan hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows.

Sumber: https://dosenpendidikan.co.id/