Pendapatan Per Kapita dan “Purchasing Power Parity”

Di setiap golongan negara ditunjukan beberapa negara yang disertai dengan data

pendapatan per kapitanya pada tahun 2001.

            Data dalam tabel tersebut menunjukan pendapatan per kapita di negara berpendapatan rendah adalah sekitar US $ 270 – US $ 460. Berdasarkan data tahun 2001,yang tergolong sebagai negara terkaya adalah negara yang pendapatannya melebihi 12.000 dolar US. Diantara negara kaya,negara yang pendapataya paling rendah adalah Spanyol (berpendapatan 14.860 dolar US) dan yang paling tinggi adalah Switzerland dengan pendapatan perkapita 36.970 dolar US.

            Pendapatan perkapita negara berpendpatan menengah golongan rendah berkisar di antara US $ 600 hingga ke sekitar US $ 2.600. sedangkan golongan menengah yang perbendapatan tinggi,pendapatan per kapitanya berada di sekitar 3.000 hingga 10.000 dolar US.[3]

  1. Pendapatan Per Kapita dan “Purchasing Power Parity”

Dalam uraian sebelum ini telah di terangkan beberapa kelemahan pendapatan per kapita sebagai alat pengukur tingkat kemakmuran. Salah stau yang terpenting adalah perbedaan tingkat harga barang diantara berbagai negara. Penghitungan pendapatan perkapita yang mempertimbangkan faktor perbedaan harga tersebut,yaitu dengan menghitung kembali pendapatan per kapita berdasarkan harga yang sama di berbagai negara,akan menghasilkan data yang sangat berbeda dengan yang ditunjukan dalam tabel berikut.

baca juga :

POS-POS TERBARU