Panduan Lengkap Cara Ternak Kelinci Terbaik

Panduan Lengkap Cara Ternak Kelinci Terbaik

Ternak kelinci sudah berkembang untuk konsumsi keluarga dan sangat menguntungkan bagi peternak. Bisnis yang sederhana ini termasuk peternakan saham dan anda bisa memulainya dengan sedikit modal.

Perkembangan ternak kelinci ini lebih sederhana dari pada ternak lainnya karena fasilitas untuk kelinci tidaklah terlalu susah untuk di buat. Anda hanya harus memiliki tanah untuk tempat kawanan kelinci dan membuat beberapa kandang sesuai dengan jumlah kelinci. Menurut saya sangat mudah untuk memulai ternak kelinci.

Pemasaran

Sebelum anda memulai bisnis ini, anda harus mengenali pasar anda. Kelinci-kelinci tidak hanya dibesarkan untuk daging, penggunaan laboratorium, menjual hasil ternak dan wol anggora, tetapi kulitnya juga yang bisa dijadikan kanvas untuk melukis. Jika beternak kelinci untuk menghasilkan daging, anda harus memiliki persedian untuk fasilitas penyembelihan, kemasan, biaya untuk transportasi, dan pembeli. Anda bisa menjualnya pada restoran, toko daging, dan pembeli individu yang merupakan pembeli utama. Pada usia sekitar 10 minggu biasanya kelinci sudah bisa disembelih. Daging kelenci sangat lezat dan empuk untuk disantap. Selain itu juga memiliki protein dan lemak yang rendah, kolesterus, natrium dan kalori.

Sangat menguntungkan bila banyak permintaan untuk penggunaan laboratorium, tetapi syaratnya untuk memasuki pasar sulit untuk menjadi mapan. Karena memproduksi untuk laboratorium, rumah sakit atau universitas dan harus memiliki izin dan memenuhi syarat untuk berkembang biak, umur, berat dan lainnya. Anda juga harus menignkatkan kendali pada kelinci, dan memiliki fasilitas harus sangat saniter dan benar-benar di awasi. Sangat disarankan untuk memulai bisnis anda dengan pemasok yang berpengalaman dalam bidang tersebut untuk sementara waktu.

Jika ternak kelinci untuk persedian menjadi pilihan, anda harus memelihara kelinci-kelinci dengan kualitas tinggi untuk mengembangkan reputasi, ini sangat penting. Anda bisa mengembangkan dengan menjaga catatan kesehatan kelinci yang rinci, dan memamerkan kelinci pada iklan-iklan.

Pemasaran wol anggora kecil, wol biasanya dijual langsung ke organisasi-organisasi yang membeli untuk pabrik. Kebanyakan produser memilih untuk memproduksi wol menjadi benang dan menjualnya pada masyarakat umum. Kelinci anggora adalah wol berkualitas tinggi dan sering digunakan untuk memproduksi pakaian mewah dan pakain rapi untuk konsumen seperti artis dan pengusaha.

Memilih Bibit

Setalah melihat dan meniliti pasar ( daging, laboratorium, peternakan stock atau wol), kemudian anda dapat merencanakan bisnis apa yang akan anda pilih dan menentukan jenis kelinci mana yang akan anda kumpulkan. Untuk memulainya anda bisa mempertimbangkan dengan mengumpulkan 20 ekor kelinci.

Ketika membeli kelinci untuk peternakan, anda bisa menghubungi peternak lokal atau memeriksa pada iklan-iklan. Pastikan anda membeli kelinci yang bersih, dan bebas dari masalah kesehatan.

Persedian Kandang

Kandang kelinci harus tertutup, namun harus ada ventilasi, pencahayaan, sistem pendinginan dan pemanasan. Hal ini sangat penting karena kelinci tidak begitu mentolerir dengan suhu ekstrim.

Ada macam-macam jenis kandang bisa digunakan. Namun kadang dari bahan logam membantu mencegah hal yang mengakibatkan masalah kesehatan. Kandang juga memiliki ukuran tertentu. Untuk lebih jelas anda bisa membaca pada atrikel sebelumnya.

Kandang Kotak (Khusus)

Kandang khusus ini berguna untuk kelinci yang akan melahirkan. Tujuannya untuk pengasingan supaya anak kelinci terlindungi. Kandang ini harus dibuat dengan ukuran yang memberikan cukup ruang untuk kelinci dan anak-anaknya. Dan untuk membuatnya bisa memakai bahan kayu, kawat mesh, atau lembar logam. Saya sarankan selama musim dingin tambahkan jerami atau serutan kayu.

Pembiakan Kelinci

Dengan melihat produktivitas ternak kelinci, yaitu tingkat kelahiran bisa jadi salah satu parameter. Kelinci memproduksi dengan melahirkan anak. Kelinci yang dikawinkan sudah dewasa atau pada umur sekitar 6-12 bulan, tergantung jenis kelinci mana. Kelinci betina akan menunjukkan tanda-tanda berikut saat siap untuk melahirkan, yaitu:

  1. Nampak gelisah dan perilakunya selalu mencari-mencari kelinci jantan.
  2. Sering menggosok-gosok dagu pada benda yang ada disekitarnya atau pada kelinci lain.
  3. Vulva berwarna agak merahan dan basah.

Ada dua cara mengawinkan kelinci, yaitu dengan cara berkelompok atau pasangan. Masukkan sejumlah betina dan jantan dalam satu area untuk cara berkelompok. Perbandingannya 1 kelinci jantan mampu mengawini 5-10 betina.

Sedangkan cara kedua, yaitu dengan cara berpasangan dilakukan dengan memasukkan satu kelinci jantan dan satu kelinci betina dalam satu tempat. Amatilah selama masa pembiakan, apakah terjadi perkawinan atau tidak. Bila tidak maka, pejantannya harus diganti. Karena kemungkinan tidak cocok.

Panen Ternak Kelinci

Umur kelinci tidak jadi patokan untuk dapat dipanen. Para pembeli biasanya membeli kelinci untuk peliharaan. Anak kelinci lebih baik dijual pada usia 2 bulan keatas, atau setelah masa penyusuan. Karena dikhawatirkan kelinci yang masih mudah belum bisa pisah dari induknya.

Jika untuk pedaging, biasanya saat kelinci sudah berusia 3,5 bulan atau sudah memiliki bobot yang cukup sekitar 2-3 kg. Namnun apabila ingin menjual calon induk, harganya tidak lagi dihitung per kg, tapi lebih dilihat dari segi kesahatan dan keturunan.

Langkah-langkah Panduan Lengkap Cara Ternak Kelinci Terbaik di atas merupakan cara yang sederhana dalam budidaya kelinci dan mudah untuk di aplikasikan. Semoga langkah di atas bisa membantu sobat dan menjadi referensi untuk memulai ternak kelinci. Selamat mencoba!

Sumber : duniapeternakan.com