OPPO Mau Bikin SoC Sendiri, Disebut-sebut Datang Sebagai OPPO M1

OPPO Mau Bikin SoC Sendiri, Disebut-sebut Datang Sebagai OPPO M1

OPPO Mau Bikin SoC Sendiri, Disebut-sebut Datang Sebagai OPPO M1

 

OPPO Mau Bikin SoC Sendiri, Disebut-sebut Datang Sebagai OPPO M1
OPPO Mau Bikin SoC Sendiri, Disebut-sebut Datang Sebagai OPPO M1

OPPO adalah salah satu pabrikan smartphone asal Cina yang tumbuh besar di pasar global.

Portofolio produknya mencakup semua semua segmen dan mereka juga salah satu pelopor dalam hal desain serta teknologi terkini. Tentunya kita ingat, OPPO begitu getol menelurkan teknologi pengisian daya cepat alias fast charging.

Kini, OPPO sepertinya ingn melangkah lebih jauh dengan mengembangkan prosesor mobile alias SoC sendiri yang disebut OPPO M1. Ya! Pertama kali diinformasikan oleh LetsGoDigtal, OPPO mengajukan aplikasi merek dagang pada 20 November 2019 ke European Union Intellectual Property Office (EUIPO).

Dari deskripsi atau penjelasan merek dagang yang diajukan, dikatakan bahwa itu terkait erat dengan prosesor mobile. Berdasarkan informasi tersebut, bisa dikatakan bahwa OPPO siap untuk bergabung dengan beberapa pabrikan lainnya seperti Samsung, Huawei, Apple dan Xiaomi yang semuanya memiliki SoC sendiri.

Source: LetsGoDigital

Rumor lainnya yang tak kalah menarik dengan langkah ini, OPPO digosipkan telah

membajak beberapa insinyur dari Unisoc (Spreadtrum) dan MediaTek. Sayangnya, belum ada detail tentang spesifikasi OPPO M1, tetapi ada spekulasi yang mengatakan bahwa bahwa SoC ini siap diperkenalkan pada tahun depan.

LetsGoDigital mengatakan setidaknya OPPO dapat mengungkap rincian tentang prosesor mobilenya itu pada ajang Mobile World Congress 2020 yang digelar di Barcelona, Spanyol. Atau paling tidak SoC ini juga diperkirakan akan mampir pada acara Semicon China yang diagendakan akan digelar Maret 2020.

Laporan lainnya ada juga yang menyebutkan, jika OPPO memang masih perlu waktu yang panjang untuk menggarap SoC-nya itu, diperkirakan baru akan diperlihatkan pada ajang MWC Shanghai 2020. Ya! MWC Shanghai 2020 sendiri akan digelar pada pertengahan tahun depan.

OPPO telah banyak berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, jadi ini bukan kejutan besar. Namun, masuknya OPPO ke bisnis chipset mobile pasti akan membawa perubahan besar pada produk-produknya. Ya! Hal ini bisa kita lihat dari Apple yang begitu percaya diri untuk membenamkan chipset buatannya ke lini iPhone.

Selain itu, ada juga Huawei dan Honor yang kini lebih mengutamakan untuk memuat Kirin

ke dalam jajaran smartphone yang dikembangkannya. Begitu juga Samsung, yang terus

berupaya keras untuk membuat Exynos begitu powerful sehingga layak berkompetisi dengan Snapdragon dari Qualcomm.

Awal tahun ini, laporan lainnya menyebutkan bahwa OPPO juga memiliki rencana untuk

membuat smartwatch dan produk audio pintar, termasuk headphone. Ditambah dengan adanya pemberitaan yang menyebutkan bahwa OPPO akan membuat SoC sendiri, semuanya pasti akan semakin menarik.

Baca Juga: