Manfaat Buah Pisang Ambon

Manfaat Buah Pisang Ambon

Manfaat Buah Pisang Ambon

Manfaat Buah Pisang Ambon
Manfaat Buah Pisang Ambon

 

Manfaat Buah Pisang AmbonSiapa yang tak mengenal pisang ambon? Rasanya manisnya yang pas membuat banyak orang menyukai pisang yang satu ini. Di dalam situs Wikipedia disebutkan bahwa pisang ambon merupakan salah satu produk andalan di Negeri Belanda yang diketahui berasal dari Indonesia. Saat ini pisang ambon sendiri telah dibudidayakan dengan cara modern sehingga diperoleh beberapa varian pisang ambon dengan karakteristik fisik dan rasa yang lebih sempurna. Meski terdiri dari berbagai varian, secara umum manfaat buah pisang ambon kurang lebih sama.

Pisang ambon sering digunakan sebagai pencuci mulut selepas bersantap. Adapun varian pisang ambon yang populer di masyarakat antara lain pisang ambon kuning, pisang ambon lumut, dan pisang ambon putih. Pisang ambon kuning memiliki ukuran buah yang cenderung lebih besar dibandingkan pisang lainnya. Warna kulitnya kuning muda sedangkan warna daging buahnya yang telah matang agak putih kemerahan. Lain lagi dengan pisang ambon lumut, warna kulitnya hijau muda meski telah ranum. Sementara itu warna daging buahnya lebih putih ketimbang pisang ambon kuning. rasanya legit dan wangi di hidung. Jenis yang terakhir adalah pisang ambon putih. Rasanya agak asam dengan aroma yang khas. Kulit buahnya berwarna kuning dengan daging buah putih.

Manfaat Si Manis Pisang Ambon

Pisang ambon dikenal luas oleh masyarakat dan termasuk pisang yang paling banyak dikonsumsi. Tapi tahukah Anda bahwa jenis buah yang satu ini memang sangat baik untuk dikonsumsi? Secara klinis, manfaat buah pisang ambon memang beragam. Mulai dari sumber energi alami sampai penghalau berbagai penyakit seperti jantung dan juga hipertensi. Berikut ini beberapa khasiat buah pisang yang satu ini :
Baik Untuk Ibu Hamil Dan Penderita Anemia
Para ahli gizi menyarankan ibu hamil untuk sering mengkonsumsi pisang ambon. Sebab salah satu manfaat buah pisang ambon adalah asam folat alami yang mudah diserap janin melalui rahim. Tetapi konsumsinya juga harus tepat dan tidak berlebihan sebab bagaimanapun, kandungan kalori pisang ambon cukup tinggi yakni sekitar 85 sampai 100 kalori per buah. Selain dianjurkan bagi ibu hamil, pisang ambon juga baik untuk mereka yang menderita anemia sebab pisang ambon mengandung Fe atau zat besi dengan jumlah yang tinggi.

Baik Bagi Penderita Usus Dan Lever

Bagi mereka yang memiliki penyakit usus dan perut, pisang ambon juga memiliki efek penyembuh yang baik. Resepnya cukup sederhana, Anda hanya mencampurkan susu cair dengan pisang dan dikonsumsi setiap hari secara teratur. Pisang diketahui mampu menetralkan asam di dalam lambung sehingga baik untuk menyamankan perut. Untuk penderita lever, dianjutkan mengkonsumsi dua buah pisang ambon yang telah dicampur satu sendok madu asli. Resep ini diketahui mampu menambah nafsu makan dan menambah stamina tubuh bagi penderita lever.

Selain manfaat buah pisang ambon yang disebutkan di atas, buah manis ini juga ternyata ampuh mengobati diabetes. Sebab gula sederhana yang dikandung pisang ambon cukup mudah diserap tubuh. Bagi mereka yang sedang menjalani diet, pisang ambon juga bisa menjadi sumber karbohidrat harian Anda. Sementara itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit yang cantik, pisang ambon juga terbukti mampu mempercantik. Caranya, lumatkan satu buah pisang ambon dan tambahkan madu atau minyak zaitun. Setelah berbentuk pasta, oleskan pada wajah Anda seperti masker pada umumnya.Manfaat pisang ambon lainnya adalah menambah libido bagi wanita. Hanya saja, bagi Anda yang masih lajang, sebaiknya mengurangi konsumsi jenis pisang yang satu ini.

Baca Juga :