Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai

Kerajaan pertama yang kita bahas adalah kerajaan Kutai. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu di Indonesia yang berada di lembah Sungai Mahakam tepatnya Kalimantan Barat dan didirikan pada abad 5 Masehi.

Sumber sejarah dari Kerajaan Kutai sendiri dapat diketahui setelah ditemukannya sebuah prasasti di suatu daerah Kutai, makanya orang-orang menyebutnya kerajaan Kutai berdasarkan daerah tersebut.

Nama prasasti tersebut adalah yupa, berjumlah 7 dan merupakan sumber sejarah yang sangat penting karena memuat sejarah kerajaan Kutai khususnya nama-nama raja dan silsilahnya.

Prasasti tersebut tertulis dengan menggunakan bahasa sanskerta dan beraksara pallawa.

  1. Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan bercorak Hindu yang ada sejak abad 5 Masehi yang berada di daerah Jawa Barat. Pada saat itu wilayah kekuasaannya sudah membentang Jawa Barat dari Cirebon hingga Jakarta.

Rajanya sekaligus pendiri kerajaan Tarumanegara bernama Purnawarman. Purnawarman sendiri digambarkan dalam beberapa sumber sejarah adalah seorang raja yang baik hati dan merakyat. Dia selalu perhatian terhadap kemakmuran rakyatnya dan sering memberikan hadiah berupa lembu

Kemudian kerajaan tersebut runtuh di Abad ke 7 setelah diserang kerajaan Sriwijaya. Adapun beberapa peninggalan dari kerajaan Tarumanegara ialah:

  1. Prasasti Ciaruteun (Ciampea, Bogor)
  2. Prasasti Pasir Kaleangkak
  3. Prasasti Pasir awi
  4. Prasasti kebon Kopi
  5. Prasasti Cidangiang lebak
  6. Prasasti tugu
  7. Prasasti Muara Ciantern

 

https://vds.co.id/the-last-express-apk/