kerajaan Kanjuruhan

kerajaan Kanjuruhan

kerajaan Kanjuruhan

kerajaan Kanjuruhan

Kerajaan Kanjuruhan adalah kerajaan yang bercorak Hindu yang berdiri sejak abad ke 7 Masehi atau sekitar tahun 760 Masehi. Kerajaan ini terletak di desa Dinoyo, Malang Jawa Timur dan merupakan kerajaan yang tertua. Raja pertama sekaligus pendiri kerajaan ini adalah Raja Gajayana berdasarkan isi prasasti tersebut.

Beberapa benda peninggalan dari kerajaan Kanjuruhan adalah prasasti dinoyo yang ditulis dengan menggunakan bahasa sanskerta dan memakai aksara Jawa kuno. Benda peninggalan lainnya adalah candi Badut.

  1. Kerajaan Melayu

Inilah kerajaan paling tua di Indonesia khususnya di daerah Sumatera. Sebelumnya pernah dikuasai oleh kerajaan Sriwijaya kemudian merdeka lagi.

Beberapa literatur tentang keberadaan adanya kerajaan Melayu adalah tercantum di kitab Negarakertagama dan Paraton yang isinya tentang jalinan persahabatan antara kerajaan Singasari dan kerajaan Melayu.

Beberapa raja yang pernah memimpin kerajaan Melayu adalah Raja  Adityawarman yang merupakan keturunan kerajaan Majapahit. Wilayah kekuasaannya meliputi Pagarruyung, Sumatra Barat, dan Minangkabau.

Beberapa peninggalan dari kerajaan Melayu adalah candi Muara Takus. Dilihat dari coraknya candi tersebut dijelaskan bahwasanya kerajaan Melayu menganut agama Budha.

  1. Kerajaan Tulangbawang

Sebenarnya tentang keberadaan kerajaan ini simpang siur dan tidak ada keterangan dan bukti pasti dari beberapa literatur. Tetapi berdasarkan sumber dari China yaitu I-tsing menyebutkan bahwa adanya tentang keberadaan kerajaan ini di abad 7 Masehi. Kerajaan ini terletak di Lampung berdasarkan tulisan dari Prasasti Palas Pasemah.

POS-POS TERBARU