Jenis - Jenis Blog

Jenis – Jenis Blog

Jenis – Jenis Blog

Jenis - Jenis Blog

Berdasarkan platform atau templat ngeblog, blog dibagi menjadi 5 jenis:

1. Free Blog
Ini jenis blog terpopuler dan sepenuhnya gratis, seperti blogger/blogspot, wordpress, thumblr, dll. Contoh: http://blogromeltea.blogspot.com.

2. Self-Hosting Blog
In jenis blog dengan nama domain sendiri, hosting sendiri, namun menggunakan Content Management System (CMS) gratis, seperti WordPress.org, Joomla, Drupal, dll. Doman dan hostingnya menyewa ke provider domain-hosting, mulai harga Rp100 ribu hingga jutaan rupiah per bulan. Contoh selfhosting blog dengan CMS WordPress: http://www.romeltea.com.

3. Citizen Journalism Blog
Ini juga gratis, sama seperti jenis blog nomor 1. Disebut blog jurnalisme warga karena blog ini disediakan oleh media online komersial. Jurnalisme warga adalah jurnalistik (pemberitaan, penulisan) yang dilakukan oleh warga biasa (bukan wartawan). Contoh jenis blog ini yang paling populer adalah Kompasiana (Kompas) dan Blogdetik (Detik.com).

 Corporate Blog

Corporate Blog adalah jenis “blog dalam website”, yaitu blog yang terintegrasi dalam sebuah website perusahaan (corporate website) atau website lembaga. Selain menampilkan profil, kontak, produk/jasa, website perusahaan/lembaga biasanya juga memiliki kategori BLOG untuk memuat berita-berita terkini seputar dinamika perusahaan atau opini terkait perusahaan.

5. Micro Blog 
Dinekal dengan sebutan microblogging yaitu ngeblog dengan tulisan atau teks terbatas, di bawah 200 karakter, seperti Twitter, Facebook, MySpace, dan LinkedIn. Namun, Facebok saat ini memungkinkan Facebooker menulis status panjang, plus fasilitas Facebook Note yang berfungsi sama dengan blog.

sumber :

THE ALCHEMIST CODE 3.1.2.1.385 Apk + Mod for android