HMI Komisariat Dakwah Gelar Pesantren Kilat Ramadhan

HMI Komisariat Dakwah Gelar Pesantren Kilat Ramadhan

HMI Komisariat Dakwah Gelar Pesantren Kilat Ramadhan

HMI Komisariat Dakwah Gelar Pesantren Kilat Ramadhan
HMI Komisariat Dakwah Gelar Pesantren Kilat Ramadhan

Sebagai salah satu upaya membangun dan membina karakter Islami sejak dini, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Dakwah Unisba kembali menggelar Pesantren Kilat (Sanlat) Ramadhan yang di gelar selama tujuh hari.

Sanlat yang Bertempat di Madrasah Al-Ikhwan ini tak hanya diisi dengan belajar agama saja tapi lebih kepada pembinaan karakter. Melalui pengenalan jati diri, pengenalan profesi, dan segmen khusus untuk bijak menggunakan gadget.

“Kegiatan ini merupakan Sanlat Ramadhan ke-2 yang digelar di Madrasah Al-Ikhwan. Dan kita gelar selama satu minggu dimulai hari senin hingga tujuh hari kedepan. Sekarang hanya pembukaan dan pengenalan saja,” ucap Ketua Umum HMI Komisariat Dakwah, Syahbani Azhar disela-sela kegiatan. Sabtu (02/06).

Lanjutnya, pada Sanlat Ramadhan kali ini setidaknya diikuti oleh 50 siswa baik dari

jenjang PAUD, TK, SD, dan SMP. Dan gratis mengikuti acara hingga tujuh hari pada kegiatan Ramadhan ini.

Sanlat Ramadhan yang digelar dengan tema “Meningkatkan Semangat Ke-Islaman Serta Memperdalam Iman dan Taqwa” ini didesain bukan hanya untuk siswa Madrasah Al-Ikhwan saja akan tetapi anak-anak sekitar Madrasah baik TK, SD, hingga SMP pun bisa mengikuti kegiatan ini.

“Jadi Sanlat Ramadhan yang di gelar ini berbeda. Karena kita susun semua sesuai dengan tantangan era saat ini. Misalnya, di hari pertama nanti itu pengenalan profesi dan jati diri. Bahwa menjadi apapun kita nanti wajib tidak melupakan ibadah,” jelasnya.

Kemudian dihari selanjutnya, lanjut Syahbani, bahwa sesuai dengan derasnya Ilmu

Pengetahuan dan Teknologi saat ini membuat literasi anak bergeser dari pola membaca buku menjadi membaca internet.

Bermain tradisional jadi bermain games. Hal tersebut tidak masalah asal arahnya positif karena bijak menggunakan gadget.

“Oleh karena itu kita beri mereka games dengan permainan klasik tapi dikemas

dengan modern,” tuturnya.

Ia pun menambahkan, “Sementara puncak acaranya, mereka akan mengikuti festival lomba berbagai macam lomba. Mulai dari lomba adzan, lomba mengaji, dan lainnya. Lalu ditutup dengan buka bersama,” tandasnya

 

Sumber :

https://balad.org/sejarah-nama-kota-makassar/