HAKIKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU

HAKIKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU

HAKIKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU

HAKIKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU
HAKIKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU

Ciri-ciri biologi sebagai ilmu pengetahuan

Ilmu merupakan kumpulan sepengetahuan yang sistematis atau teratur mengenai pokok persoalan. Suatu pengetahuan dapat disebut ilmu apabilamemenuhi syarat atau ciri-ciri tertentu. Sifat dan ciri suatu ilmu pengetahuan adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki objek, artinya, setiap ilmu biasanya membatasi diri pada segi atau permasalahan tertentu.
  2. Memiliki metode, artinya pengembangan ilmu pengetahuan tidak dapat dilakukan osecara asal-asalan , tetapi menggunakan cara atau metode tertentu.
  3. Bersifat sistematis, ilmu merupakan kumpulan pengetahuan yang sistematis.
  4. Bersifat universal, artinya kebenaran yang disampaikan oleh ilmu harus berlaku secara umum.
  5. Bersifat objektif, suatu ilmu harus dinyatakan secara jujur dengan menggambarkan keadaan yang sebenarnya.
  6. Bersifat analistis, kajian sebuah ilmu akan terbagi-bagi ke dalam beberapa bagian yang lebih rincinuntuk memahami berbagai hubungan, sifat dan peranan bagian-bagian tersebut.
  7. Bersifat verifikatif, artinya, kebenaran dalam sebuah ilmu bukanlah bersifat mutlak tetapi bersifat terbuka atau verifikatif yang juga dikenal dengan kebenaran ilmiah. Artinya, sesuatu yang semula dianggap benar suatu saat mungkin menjadi salah bila ditemukan bukti-bukti baru yang menentang kebenaran sebelumnya.

Penelitian dengan metode eksperimen

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar dapat memperoleh hasil yang maksimal,antara lain:

  1. Merumuskan masalah

Rumusan masalah merupakan suatu pertanyaan rinci, lengkap dan jelas mengenai ruang lingkup permasalahan yang akan diteliti. Rumusan masalah biasanya dibuat dengan cara membuat pertanyaan sesuai masalah yang akan diteliti.

  1. Membuat hipotesis

Hipotesis adalah dugaan atau jawaban sementara mengenai suatu hal atau permasalahan ayng akan dibuktikan kebenarannya melalui data-data atau fakta hasil penelitian.

  1. Mengumpulkan data

Data adalah informasi atau keterangan yang diperolehuntutk menguji hipotesis baik secara kuantitatif maupun kualitatif yang menunjukkan fakta. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan percobaan yaitu :

  1. Lokasi penelitian
  2. Alat dan bahan yang akan digunakan
  3. metode kerja
  4. unit percobaan
  5. perlakuan
  6. variabel
  7. ulangan
  8. pengamatan
  9. Mengolah data

Tahap pengolahan data di awali dengan pengelompokkan dan penyajian data sesuai dengan kelompoknya dan diolah dalam bentuk diagram (batang,garis atau lingkaran) serta analisis statistik.

  1. Membuat simpulan

Dalam membuat simpulan peneliti harus memperhatikan hipotetis yang diajukan sewrta data-data yang diperoleh dari hasil penelitian. Data-data penelitian yang telah dianalisis digunakan untuk menguji hipotetis mana yang diterima sehingga kita dapat menarik simpulan dengan benar.

  1. Membuat laporan penelitian

Salah satu kewajiban peneliti adalah membuat laporan atas penilitian yang dikerjakannya. Laporan penelitian memuat informasi penting yang berkaitan dengan penilitian yang dikerjakan. Laporan penelitian berisi hal-hal sebagai berikut :

  1. Pendahuluan
  2. Tinjauan pustaka
  3. Hipotesis
  4. Metode penelitian
  5. Hasil dan pembahasan
  6. Kesimpulan dan saran
  7. Daftar pustaka
  8. Lampiran
  1. Penelitian dengan Metode Observasi

Metode observasi merupakan salah metode yang dilakukan untuk penelitian. Ada 2 cara yang dapat dilakukann dengan metode observasi, antara lain:

  1. Metode Observasi dengan Variabel Bebas
  2. Metode observasi tanpa variabel bebas

Sikap ilmiah dalam Kerja Ilmiah

Dalam kerja ilmiah untuk menemukan konsep biologi diperlukan sikap jujur, tekun dan tidak mudah putus asa, teliti disiplin mau bekerja sama dan terbuka.

Penemuan spektakuler dalam biologi

Ilmu biologi telah berkembang sangat pesat dan menjadi dasar bagi berkembangnya berbagai ilmu terapan yang berperan dalam meningkatkan kesejahteraan manusia. Beberapa contoh penemuan penting dalam biologi adalah :

  1. Penemuan Struktur DNA
  2. Teknik Rekayasa Genetik
  3. Human Genom Project
  4. Kloning
  5. Teknologi Stems Cells
  6. Sumber : https://blog.fe-saburai.ac.id/pengertian-jenis-ciri-contoh-jaringan-meristem/