Hak dan Kewajiban ( Negara dan Warga Negara )

Hak dan Kewajiban ( Negara dan Warga Negara )

Hak dan Kewajiban ( Negara dan Warga Negara )

Hak dan Kewajiban ( Negara dan Warga Negara )

Hak Negara

  1. Hak negara untuk ditaati hukum dan pemerintah.

Menurut saya walaupun hukum dan pemerintah seharusnya mentaati negara tetapi sering kita jumpai sebaliknya. Sebagai contoh untuk hukum, hukum yang berlaku dalam pembuatan SIM adalah minimal berumur 16 tahun, dan lulus tes mengemudi. Pada kenyataannya dengan umur kurang dari 16 tahun dan tanpa tes mengemudi banyak sekali masyarakat yang bisa mendapat SIM melalui calo tanpa mentaati hukum yang berlaku. Untuk contoh dalam pemerintahan kita bisa lihat banyak aparat pemerintah yang korupsi dan jiwa korupsi seperti mendarah daging, dimana ada kesempatan untuk korupsi pastilah terjadi korupsi.

 

  1. Hak negara untuk dibela.

Menurut saya segenap rakyat Indonesia siap untuk membela Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal itu bisa dilihat saat beberapa waktu lalu terjadi crash antara Indonesia dan Malaysia. Banyak masyarakat yang menyatakan siap membela NKRI. Pembelaan tersebut mulai dari aksi demo, tulisan-tulisan di blog maupun internet, artikel-artikel yang membela Indonesia, dll. Aksi-aksi tersebut sampai-sampai membuat pemerintah Malaysia geram dan juga mendapat dukungan masyarakat internasional.

 

  1. Hak negara untuk menguasai bumi, air, dan kekayaan-kekayaan yang lain.

Menurut saya hak negara yang ketiga ini kurang di optimalkan. Sebagai bukti dan contoh kita dapat melihat hutan-hutan yang ditebang oleh pemerintah lebih sedikit dari pada hutan-hutan yang di tebang oleh swasta maupun penebang liar dengan tujuan mencari untung sebanyak-banyaknya tanpa melihat ekosistem yang rusak. Indonesia kaya akan minyak, pasir besi, tambang emas tetapi kita tidak bisa mengolahnya sendiri dan juga belum sanggup mengolah sendiri.

 

Kewajiban Negara

  1. Kewajiban Negara untuk menjamin sistem hukum yang adil.

Menurut saya, hal ini belum terwujud secara nyata. Koruptor yang menggondol triliunan uang negara dihukum lebih ringan dari seorang pencuri kecil. Koruptor mendapat remisi setiap tahun sehinga masa hukumannya berkurang secara signifikan.

 

  1. Kewajiban negara untuk menjamin hak asasi manusia.

Menurut saya Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi HAM. Tidak diragukan lagi Indonesia pasti memenuhi kewajiban ini, walaupun ada beberapa kasus yang menyangkut HAM seperti kasus Munir, penganiayan pembantu, membuang bayi yang berhak hidup, dll.

 

Baca Juga Artikel Lainnya: