Hadats besar dan tata cara thaharahnya

Hadats besar dan tata cara thaharahnya

Hadats besar dan tata cara thaharahnya

Hadats besar dan tata cara thaharahnya
Hadats besar dan tata cara thaharahnya

Hadats adalah suatu kejadian atau perbuatan yang menyebakan seseorang secara hukum kotor (najis hukmiy) dan harus disucikan saat akan melaksanakan ibadah mahdha, seperti shalat, dan thawaf, “ bersuci dari hadats” berarti menyucikan badan dari hadats besar maupun hadatas kecil dengan cara tertentu yang telah ditetapkan oleh syariat islam. Bersuci dari hadats dilakukan dengan wudhu , mandi dan tayamum.

Hadats besar

Hadats besar adalah hadats yang cara mensucikan dengan mandi, mandi untuk menghilangkan hadats besar disebut dengan mandi jenabat .

Dasar Hukum

Dasar hukum yang mewajibkan seseorang untuk mandi jenabah (bagi yang berhadast besar) adalah firman allah.swt yang berbunyi sebagai berikut :

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur”

Hadits Yang Berkaitan

Dari aisyah ra. Ia berkata : adalah rasulullah. SAW mandi janabah beliau mulai mencuci dua tangannya lalu menyiramkan air dengan yang kanan kepada yang kiri, lalu beliau mencuci kemaluannya lalu berwudhu kemudian beliau mengambil air lalu memasukkakan jari – jarinya ke pangkal – pangkal rambut lalu beliau menyiram kepalanya tiga kali siraman lalu beliau menyiram seluruh badannya kemudian mencuci dua kakinya (HR. muttafaq’alaih dan lafadz ini dalam riwayat muslim).

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai Hadats besar dan tata cara thaharahnya – fikih. Ketika seseorang berhadast besar maka cara bersucinya dengan mandi wajib atua mandi jenabah.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan anda mengenai pengertian hadast besar serta cara taharahnya, sampai jumpa lagi pada artikel islami.

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2018/09/kumpulan-bacaan-sholawat-nabi-muhammad-saw.html