Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi

Persepsi merupakan sebuah proses yang kompleks, yang terdiri dari proses penginderaan, pengorganisasian dan interpretasi. Oleh sebab terjadinya persepsi dipengaruhi oleh beberapa komponen anatara lain:

  1. Objek yang dipersepsi

       Objek menimbulkan stimulus yang mengenai alat indera. Stimulus dating dari luar individu yang mempersepsikan suatu objek.

  1. Perhatian

       Untuk menyadari atau mengadakan persepsi diperlukan adanya perhatian, yaitu merupakan langkah pertama dari suatu proses dalam rangka untuk mengadakan persepsi.[2]

       Jalaluddin Rahmat mengatakan dalam bukunya yang berjudul psikologi komunikasi, bahwa persepsi dipengaruhi oleh factor-faktor fungsional dan faktor-faktor structural.

  1. a)Faktor-Faktor Fungsional

           Factor-faktor fungsional disebut sebagai factor personal, karena merupakan pengaruh-pengaruh dalam individu yang mengadakan persepsi seperti kebutuhan, pengalaman, masa lalu dan hal-hal lainnya termasuk sebagai factor-faktor personal.

  1. b)Faktor-Faktor Struktur

           Faktor yang struktur yaitu setiap mempersepsikan sesuatu, maka akan mempersepsikan sebagai suatu keseluruhan.

         Menurut teori Gestalt bila seseorang mempersiapkan sesuatu, maka persepsinya sebagai sesuatu keseluruhan, bukan bagian-bagian tertentu. Ketika melohat wajah wanita cantik seorang wanita maka, yang dipersepsi bukan hanya wajahnya, tetapi keseluruhan tubuh sang gadis itu, karena wajah hanya merupakan bagian saja dari struktur tubuh.


Sumber: https://urbanescapesusa.com/superheroes-car-racing-apk/