EVALUASI KEBIJAKAN PUBLIK

   EVALUASI KEBIJAKAN PUBLIK

Dalam mengevaluasi suatu kebijakan, terdapat 3 (tiga) aspek yaitu :

  1. Aspek perumusan kebijakan, pada aspek ini analis berusaha mencari jawaban bagaimana kebijakan tersebut dirumuskan, siapa yang paling berperan dan untuk siapa kebijakan tersebut dibuat.
  2. Aspek implementasi kebijakan, pada aspek ini analis berusaha untuk mencari jawaban bagaimana kebijakan tersebut dilaksanakan, apa faktor-faktor yang mempengaruhinya dan bagaimana performance dari kebijakan tersebut. Aspek ini merupakan proses lanjutan dari tahap formulasi  kebijakan. Pada tahap formulasi ditetapkan strategi dan tujuan-tujuan kebijakan sedangkan  pada tahap implementasi  kebijakan , tindakan (action) diselenggaran dalam mencapai tujuan.
  3. Aspek evaluasi, pada aspek ini analis berusaha untuk mengetahui apa dampak yang ditimbulkan oleh suatu tindakan kebijakan, baik dampak yang diharapkan maupun yang tidak diharapkan.

Evaluasi memiliki beberapa tujuan yang dapat dirinci sebagai berikut:

  1. Menentukan tingkat kinerja suatu kebijakan. Melalui evaluasi maka dapat diketahui derajat pencapaian tujuan dan sasaran kebijakan.
  2. Mengukur tingkat efisiensi suatu kebijakan. Dengan evaluasi juga dapat diketahui berapa biaya dan manfaat dari suatu kebijakan.
  3. Mengukur tingkat keluaran (outcome) suatu kebijakan.
  4. Mengukur dampak suatu kebijakan.
  5. Untuk mengetahui apabila ada penyimpangan.
  6. Sebagai bahan masukan atau input untuk kebijakan yang akan datang.

sumber :

https://solopellico3p.com/beli-mobil-bekas/