Etika Orang Yahudi

Etika Orang Yahudi

Etika Orang Yahudi

 

Etika Orang Yahudi

Adapun sebagian dari ajaran Yahudi yang tertera pada Kitab Sucinya antara lain ialah:

Di dalam Taurat:

Melarang orang yang sanggup berbuat Baik, dilarang. Sesungguhnya Allah membenci orang yang membeliakkan matanya, berlidah dusta, tangan yang menumpahkan darah manusia, hati yang berfikiran jahat, kaki yang cepat berbuat jahat, saksi palsu, dan orang yang menaburkan permusuhan sesama saudaranya.

 

Di dalam Talmudz:

Cintailah orang lain seperti kepada dirimu sendiri! Jangan kamu perlakukan ia dengan cara yang kamu sendiri tidak mau berbuat begitu terhadap dirimu! Supaya yang tidak mau membalas nistaan terhadap dirinya, diam saja bi1a ia dihinakan oleh orang, berbuat baik hanyalah karena cinta kepada kebaikan dan menerima kepedihan atas dirinya dengan tenang, maka ia adalah teman Allah.

Adapun ajaran Islam mengenai ini, antara lain ialah: Al-baqara 144

Terjemahannya:

Tidak ada orang yang paling aniaya dari orang yang melarang/menghalangi disebut nama Allah di dalam mesjidNya dan ia berusaha hendak merubuhkannya. Mereka masuk juga kedalamnya, tetapi hanyalah karena ketakutan. la mendapat kehinaan di Dunia dan di Akhirat mendapat siksa yang besar.(l)

Ada seorang laki-laki minta nasehat kepada Rasulu1lah, maka Rasul menjawab.

Terjemahannya:

Jangan marah!(2)

  1. Tidak boleh menumpahkan darah manusia :

Terjemahannya:

Jangan saudara berdengki dengkian, rubuh merubuhkan, bermarah marahan, bertolak belakang (bermusuhan), menawar atas tawaran orang lain, tetapi hendaklah menjadi hamba Allah yang bersaudara!

Orang Islam ialah saudara orang Islam lain-nya. Oleh sebab itu tidak menganiayanya, tidak menyisihkannya, tidak mendustainya dan tidak menghinakannya. Takwa itu di sini (di dada)! Takwa itu di sini! Takwa itu di sini! Cukuplah seorang manusia memikul dosa karena menghina saudaranya sesama muslim! Setiap muslim atas muslin yang lain ialah haram darahnya, hartanya, dan akhlak budinya. (3)

 

Setiap mukmin harus mencintai orang lain :

Terjemahannya:

Tidak beriman salah seorang darimu, hingga ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya. (4)

 

Hendaklah bersifat sabar dan bertakwa: yusuf  90

Terjemahannya:

Sesungguhnya siapa yang bertakwa dan sabar, maka Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuatBaik.(5)

  1. Surat Al-Baqarah, Ayat:114=2:114
  2. Riwayat Bukhari
  3. Riwayat Muslim dari buku hadis Arba’in
  4. Riwayat Bukhari dn Muslim
  5. Surat Yusuf, Ayat:90=12:90

Baca Juga Artikel Lainnya :