Cara Pindahkan File dengan Cepat dari Komputer Lama ke Baru

Cara Pindahkan File dengan Cepat dari Komputer Lama ke Baru

Cara Pindahkan File dengan Cepat dari Komputer Lama ke Baru

 

Cara Pindahkan File dengan Cepat dari Komputer Lama ke Baru
Cara Pindahkan File dengan Cepat dari Komputer Lama ke Baru

Mendapat komputer baru sangat menyenangkan. Komputer baru akan terasa sangat cepat bila digunakan, karena masih kosong dan belum banyak sampah di dalamnya. Komputer baru sangat berguna apalagi bila komputer lama sudah tidak memungkinkan untuk bekerja keras karena termakan usia.

Kendala yang sering ditemui pengguna komputer baru adalah kesulitan memindahkan file dari komputer lama. File musik, foto, gambar, video, dan sebagainya kadang berukuran hingga ratusan gigabyte. Banyak yang berpikir, transfer file ini membutuhkan waktu lama dan sangat ribet bila dikerjakan sendiri.

Kendala ini sering diatasi dengan menyewa jasa ahli atau teman yang ahli untuk melakukan transfer. Padahal, memindahkan file dapat dilakukan sendiri dengan cukup mudah.

Pada situs Intel Indonesia, berikut beberapa cara untuk memindahkan file dari komputer lama ke komputer baru.

Transfer ke Penyimpanan Eksternal

Salah satu cara yang praktis adalah dengan memindahkan terlebih dahulu ke penyimpanan eksternal. Yang diperlukan hanyalah flash disk atau lebih direkomendasikan menggunakan hard disk drive (HDD) eksternal, karena lebih cepat memindahkan file. HDD eksternal bisa dibeli seharga Rp400 ribu hingga jutaan, tergantung kebutuhan kapasitas dan kecepatan.

Langkah yang dibutuhkan juga sangat simpel. Cukup pilih file yang ingin dipindah, dan copy ke HDD eksternal. Pengguna mungkin harus menunggu beberapa menit hingga jam, tergantung besar kecilnya file yang dipindah.

Setelah selesai, colokkan HDD eksternal ke komputer baru, dan balik prosesnya. Biasanya,

memindahkan file dari HDD eksernal ke komputer lebih cepat daripada sebaliknya. Apalagi, komputer generasi terbaru menyediakan port eSATA yang khusus digunakan untuk menyambungkan HDD eksternal. Port eSATA lebih cepat dibanding port USB.

Transfer ke Penyimpanan Awan (Cloud Storage)

Membeli HDD eksternal membutuhkan biaya tambahan. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan layanan penyimpanan awan di internet. Ada banyak sekali layanan penyimpanan awan di internet, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Pengguna juga dapat menggunakan penyimpanan awan bawaan yang lebih mudah seperti Microsoft OneDrive atau Google Drive.

Caranya hampir sama dengan memindahkan file menggunakan penyimpanan eksternal. Pengguna hanya harus login terlebih dahulu dan tersambung ke jaringan internet selama proses unggah-unduh. Tinggal tarik file yang akan dipindah ke laman penyimpanan awan, dan tunggu hingga proses unggah selesai.

Setelah selesai, login ke penyimpanan awan di komputer baru, lalu unduh file yang telah

diunggah. Selesai.

Menggunakan Kabel Transfer

Bila pengguna tidak mau menunggu waktu upload yang terlalu lama di penyimpanan awan, maka kabel transfer adalah alernatifnya. Sebelumnya, pengguna harus membeli kabel Data Link di toko komputer atau secara daring. Harganya bervariasi, mulai puluhan hingga ratusan ribu, tergantung kualitas material dan kecepatan.

Umumnya, kabel data link dapat menransfer file hingga kecepatan 480 Mbps. Hal ini sangat cepat dibanding menggunakan HDD eksternal, karena kabel data link menghubungkan langsung satu komputer dengan komputer lain, tanpa perantara.

Caranya memindahkan file dengan data link sangat mudah. Colokkan kedua ujung kabel

masing-masing ke komputer lama dan komputer baru. Kebanyakan kabel data link menyediakan perangkat lunak pemindahan file-nya sendiri. Sehingga ketika menyolokkan kabel ke komputer, secara otomatis akan muncul layar UI perangkat lunaknya. Tinggal pilih file yang akan dipindah, dan tunggu hingga selesai.

Langkah-langkah di atas dapat dilakukan di beberapa sistem operasi. HDD eksternal umumnya bekerja di semua sistem operasi. Penyimpanan awan juga mendukung sistem operasi manapun, baik Linux, Windows, MacOS, dan sebagainya.

Sedangkan, bila pengguna ingin memindahkan file dari PC ke MAC menggunakan kabel data link, maka usahakan membeli kabel data yang mendukung kedua sistem operasi tersebut. Beberapa kabel data link kini dilengkapi dengan fitur switch mode dari PC-PC atau PC-MAC sehingga lebih mudah digunakan.

Sumber:

https://montir.co.id/jasa-penulis-artikel/