CARA MENANAM CABE JAMU YANG BAIK DAN BENAR

CARA MENANAM CABE JAMU YANG BAIK DAN BENAR

CARA MENANAM CABE JAMU YANG BAIK DAN BENAR

 

CARA MENANAM CABE JAMU YANG BAIK DAN BENAR
CARA MENANAM CABE JAMU YANG BAIK DAN BENAR

 

Untuk menanam Cabe Jamu ada bebrapa langkah yang perlu dilakukukan agar memperoleh pohon cabe jamu yang berkualitas dan berbuah lebat:

Pertama

Menyiapkan terlebih dahulu lahan yang akan digunakan sebagai tempat ditanamnya bibit cabe jamu. Lahan yang dipergunakan dapat berupa lahan sawah atau lahan kebun samping rumah dengan syarat intensitas cahaya minimal 75%. Selanjutnya pastikan lahan yang akan ditanami cabe jamu tersebut sudah terhindar dari rumput dan tanaman penggangu lainnya.

Kedua

Pastikan lahan yang akan ditanami telah memiliki selokan (kalenan). Minimal untuk kedalaman selokan (kalenan) 30 cm. Selokan (kalenan) sangat penting dalam budidaya cabe jamu. Hal ini dikarenakan cabe jamu akan menghitam dan mati jika kadar air dalam tanah terlalu tinggi. Maka dari itu fungsi selokan (kalenan) dalam hal ini adalah mengurangi kadar air dalam tanah.

Ketiga

Memasang tiang panjat dilahan yang sudah terdapat selokannya. Untuk tiang panjat yang dipergunakan ada beberapa jenis, antara lain: tiang panjat dari beton tinggi minimal 2 meter. Selanjutnya tiang panjat yang berasal dari pohon antara lain, Pohon Seno, Pohon Santenan dan Pohon Kelor Ramban. Untuk jarak penancapan antar tiang panjat minimal 1,5 x 1,5 meter. Atau seperti gambar dibawah ini

baca juga : cara menanam sawi

Keempat

Menanam bibit cabe jamu pada media yang sudah disiapkan. Sebelum menanam bibit perlu diketahui jika petumbuhan cabe jamu pada umur 3 bulan sangat cepat, maka dari itu perlu dipastikan tiang panjat yang digunakan sudah mulai tumbuh. Jika tiang rambat sudah siap maka tahap selanjutnya menanam bibit cabe jamu. Pastikan bibit cabe jamu yang ada tanam berkulitas tinggi, jika anda membutuhkan bibit Cabe Jamu Jumbo, Cabe Jamu Madura dan Cabe Jamu Lokal Super anda dapat menghubungi kami atau kunjungi website kami www.bibitcabejamu.com. Setelah bibit cabe jamu ditanam, bibit cabe jamu tersebut diberi naungan dari pelepah pohon pisang, untuk menghindari dari kontak langsung dengan cahaya matahari. Contoh bibit cabe jamu jumbo yang bagus dan berkualitas;

Kelima

Mulai penanaman awal bibit sampai dengan umur 1 bulan perawatan yang dilakukan hanya penyiangan tanaman dari rumput-rumput yang mengganggu. Saat telah menginjak umur 2 bulan dan mulai terdapat tunas baru maka tanaman sudah siap untuk dipupuk. Pemupukan dapat menggunakan pupuk organik maupun pupuk kimia. Untuk pupuk organik bisa menggunakan pupuk kandang yang kadar amoniaknya sudah rendah. Untuk pupuk kimia dapat menggunakan pupuk jenis NPK. Untuk memaksimalkan pertumbukan dan buah dapat menggunakan pupuk NPK jenis GROWER.

Satuan ukuran pemupukan kimia tanaman cabe jamu

Cabe jamu umur 2 – 4 bulan diberi pupuk ½ – 1 sendok makan pada tiap batang
Cabe jamu umur 4 – 6 bulan diberi pupuk 2 – 3 sendok makan pada tiap batang
Cabe jamu umur 7 – produksi diberi pupuk 5 – 6 sendok makan pada tiap batang
Saat cabe jamu mulai umur 3 bulan sampai masa produksi pertumbuhan batang sangatlah cepat. Maka perawatan selain penyiangan dari rumput pengganggu juga perekatan batang cabe jamu atau biasa yang disebut sulur pada tiang panjat. Perekatan bisa menggunak media tali untuk mengikat. Tetapi tali yang bagus bisa diperoleh dari pelepah pisang yang dikeringkan. Karena tali tersebut kuat namun bisa patah jika suaha beberapa minggu. Sehingga tidak akan mengganggu pertumbuhan cabe jamu.