Cara Budidaya Tanaman Hias

Cara Budidaya Tanaman Hias

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam budidaya tanaman hias adalah :

  1. Media Tanam: yang terdiri dari wadah atau pot tanaman dan juga tanah yang merupakan unsur pokok dalam penanaman. Jenis tanah sangat berpengaruh terhadap tanaman, jadi sebaiknya perhatikan kesesuaian antara media tanam dengan jenis tanaman yang akan di tanam.
  2. Pemilihan tanaman :pilihlah tanaman yang cukup mudah dalam perawatannya agar memudahkan pekerjaan anda. Setiap tanaman memiliki karakterstik yang berbeda dalam perawatan dan bisa juga sangat sensitif
  3. Perawatan : perawatan tanaman hias terdiri dari penyiraman dan pemupukan tanaman .Siram tanaman secukupnya untuk menghindari pembusukan pada akar.Gunakan pupuk kompos untuk pemupukan .Bila sulit dilakukan ,anda juga bisa menggunakan Pupuk pabrik.Seperti pupuk NPK .Perawatan dapat dibagi menjadi :
  4. Perawatan Harian : Penyiraman
  5. Perawatan Mingguan : Penyiaman dengan mencabut rumput (Gulma ) yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman hias.
  6. Perawatan bulanan: Pemupukan, Setiap satu bulan. Tahap-tahap pemupukan sebagai berikut :
  • Ambil pupuk secukupnya
  • Tanam pupuk pada tanah sedalam 1cm
  • Tutup lubang, tunggu beberapa saat samapai pupuk bereaksi. Pupik akan bereaksi sekitar 10 menit.
  1. a)Perawatan tahunan : perawatan ini dapat berupa penggantian pot atau wadah tanaman yang telah rusak
  2. b)Perawatan insidental : perawatan ini merupakan perawatan yang dilakukan secara tiba-tiba. Biasanya perawatan dilakukan karena adanya hama atan penyakit yang menyerang tanaman.
  3. c)Tempat

Usahakan tanaman tidak terlalu sering terkena sinar matahari, buatlah air berperan penting terhadap tanaman, karena berguna untuk mengontrol suhu saat udara panas. Oleh karena itu penyiraman sangat berpengaruh terhadap kehidupan tanaman, kekurangan dan bahkan terlambat meniram tanaman berdampak layu pada tanaman. Layu pada daun disebabkan oleh penguapan dalam sel tanamanakibat kekurangan kadar air dan akibat suhu udara disekitar daerah yang panas. Penyiraman terlalu banyak, juga berdampak buruk terhadap tanaman apalagi tanama dalam pot. Ini akan membuat media tanam menjadi lumpur lebih lama sehingga membuat akar tanaman membusuk.

Sumber :

https://littlehorribles.com/