Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo Dengan Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo Dengan Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo Dengan Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo Dengan Kolam Terpal
Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo Dengan Kolam Terpal

Lele atau ikan keli adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele ini mudah di kenal karena tubuhnya yang licin, Agak pipih memanjang dan memiliki kumis yang panjang. yang mencuat dari sekitar pada bagian mulutnya. Lele secara ilmiah terdiri dari banyak spesies. Tidak mengherankan apabila lele di nusantara mempunyai banyak nama pada daerah.

Antara lainya, Ikan kalang (Sumatra Barat) Ikan maut (Goya dan Aceh) Ikan sibakut (Karo) Ikan pintet (Kalimantan selatan) Ikan keling (Makassar) Ikan cepi (Sulawesi selatan) Ikan lele atau lindi (Jawa Tengah) Dan ikan keli (Malaysia) Juga ikan keli untuk lele yang tidak berpetil di sebut penang dan untuk yang memiliki petil (Kalimantan Timur).

Pada dasarnya kita harus memiliki bekal pengetahuan yang cukup kuat pada ikan lele tersebut. Dengan aneka ragam jenis ikan lele ini dapat hidup di semua tempat, Bahkan ditempat yang sangat ekstrem. Meskipun begitu bukan berarti pada saat proses budidaya bisa seenaknya saja, ada juga ikan-iakn yang mati karena saling memakan (Kanibal) Ikan lele yang tidak baik di pisahkan dari antara yang kecil dengan yang besar bisa memangsa sesamanya sendiri. Nah ada beberapa jenis ternak lele yang populer dan ternama di indonesia yaitu ternak lele dumbo lokal python dan sangkuriang.

Ikan lele ini termasuk salah satu ikan yang paling mudah di budidayakan, Oleh sebab itu banyak sekali saat ini peternak lele yang menambah kapasitas penangkaranya. Sayang sekali keinginan peluasan wilayah harus di batasi oleh lahan yang sempit biaya yang Pas-pasan saja.

Solusi yang paling mudah adalah dengan cara budidaya lele di kolam terpal tersebut. Cara ini sering di sebut Lele terpal, jauh lebih hemat biaya dari pada harus membuat kolam dalam tanah atau membangun kolam dengan semen permanen.

Pada terpal yang di butuhkan hanyalah lahan dengan luas beberapa meter saja, Dan pasokan air secukupnya. dan dengan bambu yang kuat apakah lele dumbo ini bisa di ternak pada kolam terpal tersebut?.. Jawabnya : Bisa. Bahkan saat ini telah ada beberapa orang peternaki yang sukses budidaya lele dumbo pada lolam terpal.

Hasilnya pun lumayan jangan anda anggab remeh, Malahan jika di kalkulasikan keuntunganya bisa berlipat ganda karena pada pengeluaran modal awal yang besar seperti peternak lele dengan cara Konvensional.

Cara budidaya ikan, apapun jenisnya sebanarnya dapat menghasilkan keuntungan yang besar asalkan sabar dan penuh keyakinan pada saat budidaya ikan. Tetapi yang paling menarik memang budidaya ikan lele, ikan yang satu ini dapat diolah menjadi semua jenis makanan atau masakan.

Selain dari itu rasanyapun gurih dan leat membuat budidaya ikan lele menjadi salah satu prospek bisnis enak dan lezat. Ikan lele ini bisa diolah menjadi seperti, Pecel lele, dan yang paling populer di semua lapisan masyarakat seperti Abon lele, Nah, kulit lele ini dapat juga manfaatkan untuk membuat keripik kulit lele.

Ikan lele ini sangat mudah dan cepat besar adalah lele dumbo, Meskipun tidak Cepat-cepat amat paling tidak lele dumbo ini bisa dengan mudah hidup dan berkembang pada kondisi air yang sangat buruk. Sehingga sangat ekonomis dalam memproses perawatanya, Apalagi di tambah dengan perawatan yang dilakukan pada terpal atau (Lele Terpal).

Berikut di bawah ini akan saya jelaskan cara budidaya lele dumbo atau sejenisnya yang bisa mendatangkan keuntungan pada peluang bisnis peternak Lele.

Tujuan budidaya

Yang pertama kali kita berfikir budidaya lele tersebut, Sebaiknya tetapkan dulu budidaya apa yang hendak anda lakukan, Apa itu budidaya bibit, atau untuk komsumsi. sering banyaknya peminat bisnis ternak lele maka semakin besar pula permintaan bibit lele untuk di kembangbiakkan.

OLeh karena itu prospek pembibitan ikan lele juga menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup baik. Sedangkan lele untuk di komsumsi kita harus memelihara sampai ukuran dan botot yang tertentu. 1 kg isi 10 ikan lele biasanya untuk rumah makan, Sedangkan ikan lele dumbo ukuran 1 kg keatas di pasarkan pada kolam pemancingan ikan untuk Lomba.

Sama halnya dengan permintaan lele untuk komsumsi juga sangat besar, bahkan warung makan yang penjualan pecel lele seringkali kehabisan pasokan ikan lele.  Sebut saja warung makan di daerah ubin Banyuwangi bahwa setiap hari itu penuh sesak dengan penggemar pecek lele.

Itu tidak sampai 3 pm Beberapa lele sudah habis. Hal ini menunjukkan bila permintaan lele yang sangat besar setiap hari. Perbedaannya adalah kebutuhan konsumsi proses perawatan yang cukup panjang.

Untuk menunggu 5-7 cm ukuran biji hingga siap panen membutuhkan sekitar 2-3 bulan dan bahkan kemudian jika pasokan makanan biasa. Untuk mensiasatinya untuk tumbuh lebih cepat, cukup pilih lele dumbo, ikan ini tumbuh lebih cepat daripada jenis lain dari ikan lele.

Cara Pembuatan Kolam Dari Terpal

 Yang paling penting untuk membuat kolam tidak terpal selain penggunaan lahan. Berapa banyak daerah Anda harus menjadi salah satu kolam terpal faktor penting berapa banyak Anda akan membuat. Perbandingannya adalah 100 ekor lele kolam dibandingkan dengan ukuran 2x1x0, 6 meter.

Ada dua teknik pembuatan kolam renang di kolam terpal memakai penggalian tanah dan bingkai kayu. Yang paling sederhana adalah pembuatan bingkai kayu tapi yang paling tahan lama dari penggalian.

Cara Budidaya Lele

Mengisi kolam dengan air tinggi sekitar 40 cm untuk lele dumbo ukuran 5-7 cm sehingga ikan tidak terlalu lelah akan naik dan turun dari permukaan dasar kolam untuk mengambil oksigen. Sebagai pertumbuhan lele juga meningkatkan kedalaman air.

Juga memberikan semacam penutup yang dapat menyembunyikan lele. Berikan pakan setiap hari akan menjadi besar tetapi apabila makanan tersebut dilakukan dua kali dalam porsi yang lebih kecil.

Ada berbagai jenis pakan untuk ikan lele seperti pelet, siput, kerang, keong emas, rayap, dan lain sebagainya. Makanan alami akan lebih baik karena memiliki konten yang besar dan protein yang dibutuhkan oleh perkembangan lele.

Meskipun lele ikan relatif kuat masih mati saat kebersihan air kurang dipelihara. Karena lele juga rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh air kotor. Kebanyakan tidak mengganti kapasitas air 10-30% dengan air yang baru.

Selain itu, jika ada lele yang tumbuh terlalu cepat dari temannya telah dipindahkan karena bisa memangsa ikan lele yang lebih kecil atau kalah ketika bertarung untuk makanan.

Sumber: https://www.semuaikan.com/