Bolehkah Burung Kenari di Beri Ulat Hongkong?

Bolehkah Burung Kenari di Beri Ulat Hongkong?

Bolehkah Burung Kenari di Beri Ulat Hongkong?

 

Bolehkah Burung Kenari di Beri Ulat Hongkong?
Memberikan ulat hongkong sebagai pakan tambahan bagi burung kenari memang masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan pencinta burung kenari, terutama para penggemar burung kenari luar negri. Tetapi sudah banyak pula para peternak yang berpengalaman yang memberikan ulat hongkong sebagai pakan tambahan sembari menepis anggapan kalau ulat hongkong kurang baik untuk burung kenari.

 

Dari segi kandungan gizi memang ulat hongkong

Memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, terutama kandungan proteinnya. Tetapi banyak juga yang masih takut jika kenari kesayangan mereka terkena kolesterol jika di beri ulat hongkong sebagai pakan tambahan, padahal memberikannya tidak haru secara terus menerus, cukup dijadikan pakan tambahan atau selingan untuk menambah nutrisi bagi kenari.

Bahkan ada juga yang sampai menyatakan pendapat bahwa tidak akan memberikan pakan berupa makhluk hidup. Bagi para penangkar yang berpengalaman, memberikan pakan ulat hongkong pada burung kenari akan berpengaruh pada perkembangan dan prilaku kenari itu sendiri, terlebih bagi indukan yang sangat telaten merawat anakkannya, menambah produktifitas, dan meningkatkan hasrat kawin.

Kandungan protein yang terlampau tinggi pada ulat hongkong sebenarnya masih bisa di akali dengan cari sebagai berikut:

 

Siapkan Alat dan Bahan:

1.Pisau
2.Kunyit secukupnya
3.Ulat hongkong (pilihlah ulat hongkong yang memiliki kulit tipis, atau yang baru ganti kulit)

 

Caranya:

Campurkanlah ulat hongkong dengan irisan kunyit yang telah dipersiapkan sebelumnya. Ini dilakukan karena kunyit memiliki kandungan antioksidan yang bisa menurunkan kandungan kolesterol ulat hongkong.

Hal yang perlu di catat adalah dalam memberikan pakan ulat hongkong pada burung kenari tidak boleh berlebihan, dan harus secukupnya, juga tidak boleh diberikan terus menerus. Yang menjadikannya tidak baik adalah jika diberikan secara berlebihan.

Sekian dulu pembahasan mengenai pemberian ulat hongkong sebagai pakan tambahan untuk burung kenari. Semoga artikel Bolehkah Burung Kenari di Beri Ulat Hongkong? yang admin bagikan pada kesempatan kali ini bisa membantu dan bermanfaat bagi anda.

 

Sumber : https://anekabudidaya.com/