BMW i3 Urban Suite versi otonom level 3

BMW i3 Urban Suite: versi otonom level 3

BMW i3 Urban Suite: versi otonom level 3

 

BMW i3 Urban Suite versi otonom level 3
BMW i3 Urban Suite versi otonom level 3

Sebagai model pertama dalam jajaran i, BMW i3 ditandai dengan berbagai inovasi teknologi. Diluncurkan pada 2013, BMW i3 kini tersedia dengan baterai 42 kWh.
Powertrain & Performa BMW i3
Mobil ini memiliki motor listrik 125 kW dengan 170 tenaga kuda dan torsi 250 Nm. I3 adalah mobil penggerak roda belakang dengan gearbox kecepatan tunggal. Motor listrik ini dilengkapi dengan teknologi BMW eDrive, yang memungkinkan pemulihan energi selama pengereman atau perlambatan. Daya pemulihan hingga 50 kW.

BMW i3 berakselerasi dari 0 hingga 60 km / jam dalam 3,7 detik dan dari 0 hingga 100 km / jam dalam 7,9 detik. Kecepatan tertinggi dibatasi hingga 150 km / jam.
Konsumsi bahan bakar, Baterai & Otonomi BMW i3
BMW-i3-urban-suite-battery

Mobil ini memiliki konsumsi listrik 13,1 kWh / 100km. BMW i3 menawarkan tiga jenis baterai lithium-ion:

Yang pertama memiliki kapasitas 22 kWh, dimana 18,9 kWh dapat digunakan, dan mengumumkan 190 km otonomi dalam siklus NEDC, yaitu 130 hingga 160 km otonomi dalam penggunaan nyata. Yang ini tidak lagi dipasarkan hari ini.

Yang kedua diluncurkan pada Juli 2017 dengan kapasitas 33 kWh (dapat digunakan 27,2

kWh), yaitu rentang NEDC 300 kilometer dan rentang nyata 200 kilometer. Yang ini tidak lagi dikomersialkan hingga saat ini. Yang ketiga, diumumkan untuk vintage 2019, akan memiliki kapasitas energi 42 kWh untuk rentang WLTP yang diumumkan antara 285 dan 310 km.

Jaminan baterai meluas lebih dari 8 tahun atau 100.000 km, dengan kapasitas minimum 70%. Dalam penggunaannya, berbagai mode berkendara dapat memengaruhi otonomi: ECO PRO dan ECO PRO + yang memungkinkan masing-masing mendapatkan 20 km otonomi. Secara teori, BMW i3 dapat menempuh jarak hingga 310 km tergantung gaya mengemudi dan jenis perjalanan.

Desain interior BMW i3
BMW-i3-interior

Di dalam mobil, Anda akan segera melihat layar kendali mirip tablet di dasbor. Mayoritas bahan yang digunakan adalah plastik daur ulang yang diperkuat serat karbon (CFRP). Namun, sentuhan alami dan elegan disediakan oleh bagian kayu dasbor di depan kursi penumpang dan di sebelah kiri setir.

Seperti biasa di CES 2020, BMW hadir tahun ini di Las Vegas untuk demonstrasi mobil otonom tingkat 3.
Seperti setiap tahun selama 7 tahun terakhir, BMW telah menjadikan ESC waktu yang tepat untuk membicarakan kemajuannya di bidang kendaraan otonom. Pada tahun 2020, itu adalah i3 yang menjadi sorotan dalam versi Urban Suite yang mampu otonomi tingkat 3.

Tingkat otonomi bersyarat ini diterapkan ketika mobil dapat melihat lingkungan

terdekatnya dan bertindak sesuai dengannya, di lingkungan yang telah ditentukan atau di area yang dibatasi (misalnya jalan raya atau tempat parkir mobil, misalnya). Demonstrasi di tempat parkir yang berdekatan dengan CES terdiri tepatnya dalam mengemudikan BMW i3s melalui rute yang tepat dengan penumpang di belakang tetapi … tidak ada yang di belakang kemudi. Faktanya, zigzag mobil kompak listrik pabrikan Jerman dengan sempurna di antara kolom yang ditempatkan di tempat parkir untuk menyulitkan tugas, sebelum kembali ke titik awal sesuai dengan sirkuit yang ditentukan di hulu.

Otonomi tingkat 3
Tetapi BMW tidak puas dengan demonstrasi teknis ini. Pabrikan Munich ingin mengubah i3-nya sehingga akan lebih baik mewujudkan kemungkinan yang ditawarkan oleh kisaran level 3. Hasilnya, interior BMW i3 klasik hampir sepenuhnya didesain ulang. Hanya kursi dan dasbor pengemudi yang terhindar dari proses mengubah interior mobil menjadi kamar hotel kecil.

BMW-i3-urban-suite-interior-2020

Hasilnya adalah versi Urban Suite dari i3, yang tidak hanya menawarkan banyak ruang di

bagian belakang, tetapi juga pijakan kaki dan layar yang dapat ditarik diintegrasikan ke dalam headliner. Akhirnya, lampu yang dikendalikan oleh sentuhan yang memberikan pencahayaan sekitar menghiasi meja yang terlihat seperti meja kecil. Tentu saja, BMW i3 Urban Suite ingin bertanggung jawab terhadap lingkungan. Mesin listriknya adalah langkah pertama, tetapi model ini melangkah lebih jauh dengan penggunaan banyak bahan daur ulang untuk plastiknya tetapi juga penggunaan serat yang dapat diperbaharui atau kulit yang disamak dengan minyak zaitun.

BMW-i3-interior-2020

Apakah itu keinginan nyata untuk mengurangi dampak karbon atau upaya greenwashing, kami akan membiarkan Anda menjadi hakim atas hal itu, tetapi sejauh menyangkut aspek teknis dan tepatnya otonomi, demonstrasi itu sukses.’

Baca Juga: