Belajar OpenGL with Delphi

Belajar OpenGL with Delphi

Belajar OpenGL with Delphi

Belajar OpenGL with Delphi
Belajar OpenGL with Delphi

Pada binggung ya apa sih tu openGL? saya juga binggung kok pada awalnya tapi setelah saya tanya ma mbah saya akhirnya saya paham juga, tapi kebanyakan yang saya jumpai banyak tutor openGL yang mungkin masih sedikit susah dicerna (kaya makanan aja), untuk itu disini saya coba menjelaskan sedikit ilmu saya karena saya juga dalam tahap belajar heheheheh……. langsung aja kita bahas. Pertama  kita kenalan dulu ma si openGL.

OpenGL kepanjangan dari Open Graphic Library, openGL diproduksi oleh Silicon Graphic dan pada awalnya ditunjukan hanya untuk sistem komputer mereka , tetapi dalam perkembangannya, OpenGL dijadikan salah satu bakuan (standartd) dalam dunia grafika komputer.  OpenGL merupakan pustaka program (program library) yang menyediakan sejumlah perintah yang b erhubungan dengan grafika.

Udah kan kenalannya dengan OpenGL, setidaknya anda mungkin sudah punya gambaran gimana sih openGL tu. Kalo yang belum paham juga gini aja anggaplah openGL tu suatu perintah dalam program jika kita ingin menggunakan openGL tentunya kita harus melakukan command untuk memanggil si OpenGL tersebut, openGL bisa diakses jika suatu bahasa pemrograman sudah terdapat file openGL di folder lib . Disini saya akan coba berbagi cara membuat program yang menggunakan openGL untuk membuat titik,objek, dan melakukan transformasi. Program yang saya gunakan adalah delphi, sebenarnya selain bahasa pemrograman yang bisa digunakan bukan hanya delphi, misalnya C,VB, juga bisa untuk keterangan lebih lanjut silahkan cek di websiteoepngl. Berhubung saya tidak mengerti bahasa pemrograman C untuk itu saya menggunakan delphi karena syntak hampir sama dengan pascal dan sudah OOP (bukan karena saya jago delphi tapi cuman ini satu-satunya bahasa pemrograman yang agak nyangkut di kepala 😦 ).

Langkah pertama tentunya anda harus mendownload program Delphi dulu untuk membuat program, silahkan anda search sendiri di mbah. Saya menggunakan Delphi7, di dalam delphi7 sudah disediakan file openGL.dcu silahkan di cek untuk memastikan di program delphi folder lib. jika belum tersedia silahkan anda mencari file openGL.dcu, jika tersedia anda cukup menambahkan klausa openGL di perintah uses dari program.

Contoh : Listing Menghubungkan OpenGL.

Baca Juga :