Alat untuk Display

Alat untuk Display

Alat untuk Display

Alat untuk Display
Alat untuk Display

Output Device, adalah

perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.

Unit keluaran adalah

alat untuk menampilkan hasil pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Dalam teori kontrol, output dari suatu sistem adalah apa yang dapat diukur. Specifically, outputs are differentiated from states . Spesifik, output dibedakan dari negara.
Dalam rekayasa keluaran istilah dapat merujuk kepada:
The power or work output of a machine. The power atau bekerja output dari mesin.

An observable output, such as distance moved or velocity , of a mechanical system. Sebuah diamati keluaran, seperti jarak dipindahkan atau kecepatan, dari sistem mekanis.

Dalam interaksi manusia-komputer, output informasi yang dihasilkan oleh program komputer dan dirasakan oleh pengguna. The kinds of output the program produces, and the kinds of input the program accepts, define the user interface of the program. Jenis-jenis program menghasilkan keluaran, dan jenis-jenis input program menerima, menentukan antarmuka pengguna program. In this context, feedback and output are often used interchangeably. Dalam konteks ini, umpan balik dan keluaran sering digunakan secara bergantian. However, output tends to refer specifically to explicit output, something that is intentionally provided for the user, whereas feedback also encompasses byproducts of operation that happen to contain information (see low-key feedback ). Namun, output cenderung untuk merujuk pada output eksplisit, sesuatu yang sengaja disediakan untuk user, sedangkan produk sampingan umpan juga meliputi operasi yang terjadi pada berisi informasi (lihat kunci rendah umpan balik).

Dalam pengolahan informasi, output adalah

proses transmisi informasi atau informasi yang ditransmisikan itu sendiri. The output of one process may well form the input for another information processor . Output dari satu proses mungkin membentuk masukan untuk lain prosesor informasi. Essentially, output is any data exiting a computer system. Pada dasarnya, output data keluar sistem komputer. This could be in the form of printed paper, audio, video. Ini bisa dalam bentuk kertas cetakan, audio, video. In the medical industry this might include CT scans or x-rays. Dalam industri medis ini mungkin termasuk CT scan atau x-ray. Typically in computing, data is entered through various forms (input) into a computer, the data is often manipulated, and then information is presented to a human (output). Biasanya dalam komputer, data yang dimasukkan melalui berbagai bentuk (input) ke dalam komputer, data sering dimanipulasi, dan kemudian informasi yang disajikan kepada manusia (output).
Beberapa alat unit keluaran yaitu :

· Monitor

Monitor merupakan peranti keluaran yang umum digunakan . Pada prinsipnya monitor adalah layar video atau sering kali disebut dengan istilah VDU (video display unit).

Teknologi yang lazim digunakan dalam monitor adalah CRT (cathod ray tube)
yang menggunakan tabung elektronik. Piksel pada layar dibentuk karena permukaan layar berpendar akibat tembakan senjata electron. Teknologi yang lebih baru memungkinkan CRT ditiadakan sehingga ukuran monitor menjadi jauh lebih tipis dan menghadirkan layar yang datar. Monitor seperti ini dibuat dengan menggunakan LCD (liquid crystal display). Teknik ini juga yang diterapkan pada layar laptop atau notebook .

(monitor CRT)

(monitor layar datar yang sangat tipis dan menggunakan teknologi LCD)

Pada prakteknya , kualitas keluaran pada monitor dipengaruhi oleh kartu adapter grafik, warna, resolusi, ukuran, dan juga factor kerdip.
Kartu adapter grafik adalah kartu yang menghubungkan monitor dengan computer. Kualitas kartu ini menentukan jumlah piksel dan warna pada monitor. Sekalipun monitor yang digunakan bagus, kalau kartu adapter grafik mempunyai kemampuan yang rendah, maka penampakan informasi pada komputer menjadi tidak bagus.
Monitor yang mendukung 1 warna (sehingga pada layar tertampil dua kemungkinan warna) disebut dengan monitor monochrome, sedangkan monitor yang berwarna pada umumnya bisa mendukung hingga berjuta2 warna.
Istilah resolusi biasa dijumpai pada monitor. Resolusi adalah jumlah piksel dalam layar. Sebagai contoh, resolusi 1.024 x 768 berarti bahwa monitor mengandung 1.024 baris piksel dan 768 kolom piksel. Dengan kata lain, jumlah piksel yang menyusun monitor sebesar 1024 x 768 buah. Semakin tinggi resolusinya, semakin bagus kualitas tampilan pada monitor.
Pada saat ini, ukuran monitor yang beredar dipasar sangat bervariasi, dari 15 inci hingga yang berukuran diatas 20 inci. Ukuran yang lebih besar memberikan kualitas yang lebih baik dan kenyamanan yang lebih tinggi bagi mata.
Teknologi monitor juga memunculkan dua istilah, yakni interlaced monitor dan noninterlaced monitor. Interlaced monitor adalah jenis monitor yang menampilkan informasi dalam layar melalui dua tahapan, sedangkan noninterlaced monitor hanya menggunakan satu tahapan. Efek dari interlaced monitor adalah kerdip yang dapat melelahkan mata dan tentu saja mempengaruhi kualitas penyajian informasi.

Sumber : https://nashatakram.net/pengertian-wawancara/