6 Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dan Beradaptasi Dilengkapi Contohnya

6 Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dan Beradaptasi Dilengkapi Contohnya

6 Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dan Beradaptasi Dilengkapi Contohnya

6 Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dan Beradaptasi Dilengkapi Contohnya
6 Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dan Beradaptasi Dilengkapi Contohnya

Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dan Menyesuaikan Diri dilengkapi Contohnya – Seperti binatang, flora juga melindungi diri dari predatornya sehingga kelangsungan hidup dan generasi mereka tidak akan terganggu. Perlindungan diri oleh tumbuhan berbeda dengan cara derma diri yang dilakukan oleh hewan. Cara tumbuhan melindungi diri mereka sendiri diadaptasi dengan bab dan sifat tumbuhan itu sendiri. Berikut ini artikel yang akan kami gambarkan dan juga bab body yang dipakai lengkap dengan contoh.

Bagaimana tumbuhan melindungi diri sanggup dilakukan dengan memakai bab tubuhnya, dimulai dengan duri, bulu atau rambut, racun, getah, dan melalui aroma.

Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dan Menyesuaikan Diri dilengkapi Contohnya 6 Cara Tumbuhan Melindungi Diri Dan Menyesuaikan Diri dilengkapi Contohnya

1. Tanaman yang melindungi diri dengan duri

Beberapa tumbuhan melaksanakan derma diri dengan memakai duri di badan mereka. Perlindungan ini cukup efektif untuk mencegah dirinya memangsa binatang pemakan tumbuhan. Dengan duri, binatang yang akan memakan bab badan tumbuhan akan terganggu dengan ditusuk oleh duri yang tajam. Beberapa teladan tumbuhan yang melindungi dirinya dengan organ ini menyerupai mawar, menggonggong, durian, sayang anak perempuan, buluh dikala muda, kaktus, dan sebagainya.

2. Tanaman yang melindungi dirinya dengan bulu atau rambut

Selain duri, beberapa tumbuhan juga melaksanakan derma diri dengan memakai bulu atau bulu. Beberapa dari mereka menghasilkan bulu atau rambut yang menghasilkan gatal pada kulit predatornya. Contoh tumbuhan yang melaksanakan perlindungan memakai bulu menyerupai bambu. Batang bambu berfungsi untuk melindungi tunas di segmen tersebut. Pelepah ini dilengkapi dengan bulu yang sanggup menimbulkan gatal sehingga kuncup sanggup terlindungi. Beberapa teladan tumbuhan yang melindungi dirinya dengan bulu atau rambut lainnya yaitu serat dan buah rhutan.

3. Tanaman yang melindungi dirinya dengan racun

Tanaman tertentu melindungi diri dari predator mereka dengan memanfaatkan racun. Cara tumbuhan melindungi diri dengan racun yang diaplikasikan oleh beberapa umbi menyerupai karet singkong dan gadung. Selain itu, tumbuhan amethyst, jarak, dan pohon upas juga menerapkan cara ini untuk mencegah diri dimakan oleh binatang pemakan tumbuhan.

4. Tanaman yang melindungi dirinya sendiri dengan getah

Selain berfungsi sebagai media pengangkutan nutrisi dan fotosintesis pada pembuluh pengangkut, getah juga ternyata berfungsi sebagai media derma diri pada tanaman. Cara tumbuhan melindungi diri dengan memakai getah yang diaplikasikan oleh tumbuhan nangka dan karet.

5. Tanaman yang melindungi dirinya dengan aroma

Beberapa tumbuhan juga ada yang melindungi diri dengan menghilangkan aroma tertentu. Misalnya bunga karkas yang sengaja menghilangkan aroma bangkai semoga binatang lain tidak memakannya.

6. Tanaman yang melindungi diri dengan kulit keras

Beberapa tumbuhan mempunyai bibit yang dilengkapi dengan kulit kerang keras. Sebut saja buah kelapa, kelapa sawit, salak, mahoni, dan sebagainya. Cangkang juga berfungsi untuk melindungi dirinya semoga tidak dimakan oleh binatang pemakan biji atau tanaman, sehingga sanggup berkecambah dan sanggup terus hidup.

Nah, begitulah beberapa tumbuhan melindungi diri dan teladan tumbuhan yang bersangkutan. Mudah-mudahan sanggup dengan gampang dipahami dan sanggup membantu kesulitan anda. Dapatkah salah satu dari Anda menyebutkan teladan tumbuhan lainnya yang sanggup melindungi diri mereka dengan alat ini? Tolong tuliskan tanggapan anda di kolom komentar.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/11/pengertian-integritas-fungsi-tujuan-manfaat-ciri-ciri-pribadi.html